Lagu 'Karna Su Sayang' Jadi Viral, Anji Miris Sang Penyanyi Asli Belum Dihargai
Youtube/ dunia MANJI
Musik

Anji menyayangkan penyanyi asli lagu 'Karna Su Sayang' yang masih belum menerima hak mereka.

WowKeren - Lagu "Karna Su Sayang" yang dinyanyikan Near dan Dian Sorowea kini menjadi fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia. Video lagu yang dinyanyikan oleh dua penyanyi asal Nusa Tenggara Timur tersebut, juga sudah berhasil mencapai angka 25 juta viewers di YouTube saat berita ini ditulis.

Selain itu, lagu "Karna Su Sayang" juga di-cover oleh beberapa penyanyi lain, misalnya saja Via Vallen. Kali ini, Anji ikut menanggapi mengenai kepopuleran lagu "Karna Su Sayang". Hal ini diungkapkan mantan vokalis band Drive tersebut di akun YouTube miliknya pada Selasa (23/10).

Di awal video, Anji menyanyikan sedikit potongan lagu "Karna Su Sayang". Berikutnya, Anji mengatakan bahwa siapa saja bisa menjadi sukses dan viral dengan syarat lagunya memang bagus. Penyanyi berusia 39 tahun ini pun memuji kualitas lagu "Karna Su Sayang".

"Pertama, musisi siapa pun dan dari manapun bisa sukses asal lagunya memang oke dan akhirnya menjadi viral," ujar Anji dalam video tersebut. "Lagu 'Karna Su Sayang' ini menurut saya bagus banget lagunya. Melodinya enak, nge-rap-nya enak, nyanyinya Dian Sorowea juga enak banget. Jadi buat didengar, notasinya buat seluruh kalangan itu bisa masuk."

Lebih lanjut, Anji juga tak mempermasalahkan adanya kekurangan teknis dalam lagu tersebut, lantaran bukan dikerjakan oleh tenaga profesional. Menurut Anji, lagu "Karna Su Sayang" membuktikan bahwa internet bisa membantu seluruh musisi di Indonesia untuk menyebarkan karyanya.


Berikutnya, Anji membahas tentang kesuksesan Near dan Dian setelah lagu "Karna Su Sayang" menjadi viral. Pelantun lagu "Dia" ini menduga bahwa Near dan Dian masih belum banyak menerima penghargaan, apalagi lagu mereka dibawakan oleh penyanyi-penyanyi lain yang lebih terkenal. Kedua penyanyi lagu "Karna Su Sayang" tersebut juga masih belum banyak muncul di televisi maupun acara off-air.

"Saya yakin mereka akan banyak mendapat panggungan beberapa bulan ke depan, asal mereka berkarya terus," jelas Anji. "Saya rasa mereka akan banyak panggungan di TV terutama dan juga akhirnya mereka akan banyak manggung off air."

Belum usai, Anji juga membahas tentang royalti yang didapatkan oleh Near dan Dian atas kesuksesan lagu "Karna Su Sayang". Menurut Anji, kedua penyanyi tersebut belum mendapatkan royalti lantaran terkendala masalah undang-undang permusikan di Indonesia.

"Saat ini saya rasa belum (mendapatkan royalti) ya. Karena undang-undang performing rights belum dijalankan dengan benar di Indonesia," papar Anji. "Itulah yang pengen banget saya perjuangin di musik Indonesia, kalau ada orang membawakan lagu mereka, maka penciptanya juga mendapatkan uang, harusnya juga seperti itu."

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru