Usia Ternyata Bukan Satu-Satunya Penyebab Keriput di Wajah, Waspadai Kebiasaan Buruk Ini
shutterstock
Health

Keriput wajah di usia muda bisa sekali dihindari dengan tidak melakukan hal-hal ini.

WowKeren - Tak bisa dipungkiri bahwa usia kita akan bertambah dengan seiring waktu. Berbagai perubahan tubuh juga akan kita alami, salah satunya adah keriput di wajah.

Selama ini banyak orang meyakini bahwa keriput di wajah muncul lantaran bertambahnya usia. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak penyebab lain yang bisa membuat wajah kita keriput.

Alasan pertama yang bisa membuatmu berkeriput adalah tidak rajin menggunakan tabir surya. Ya, bukan cuma karena adanya risiko kanker kulit, paparan sinar matahari juga bisa berisiko tinggi terhadap munculnya keriput di wajah.


Selain tidak rajin menggunakan tabir surya, ada alasan lain yang bisa membuatmu berkeriput meski belum berusia tua. Merokok menjadi alasannya. Sudah diketahui bahwa rokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang juga menimbulkan banyak risiko berbahaya untuk tubuh. Selain keriput, kebiasaan merokok juga bisa membuat kulit bibirmu terlihat abu-abu dan kasar.

Terlalu stres dan melewatkan banyak waktu tidur juga menjadi alasan keriput bisa muncul di wajah tanpa pandang usia. Kurang tidur menyebabkan keriput karena pH kulit yang berubah. Selain itu, tidak cukup tidur juga membuat kemampuan sel-sel kulit tidak terhidrasi dengan baik. Padahal, pada saat tidur, racun akan keluar dari tubuh, jika kurang waktu tidur maka akan banyak racun yang terkumpul di tubuh.

Lagi, satu penyebab keriput yang berasal dari kebiasaan buruk ini. Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah karena memicingkan mata. Memicingkan mata bisa memicu kontraksi otot yang berlebihan. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya secara perlahan akibat kebiasaan memicingkan mata ini.

Lebih mengejutkan lagi, minum dengan sedotan ternyata juga bisa menimbulkan keriput di wajah, lho. Mirip dengan bagaimana menyipitkan mata menyebabkan keriput di sekitar mata, minum dari sedotan juga menciptakan garis-garis halus di sekitar bibir yang muncul sebagai keriput. “Minum dari sedotan melibatkan kontraksi otot di sekitar bibir. Jika ini dilakukan berulang kali, otot akan menjadi lebih kuat dan kerutan akan menjadi lebih dalam dan lebih jelas," terang Goldenberg, dermatologis dilansir dari eatthis.com.(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait