Polusi Jakarta Kian Mengkhawatirkan, Yuk Ikuti 8 Langkah Kecil Ini Guna Perbaiki Kualitas Udara
Pexels
Health

Polusi Udara di Jakarta masuk skala mengkhawatirkan dan mulai picu berbagai gangguan kesehatan. Agar tak terlambat, yuk mulai dengan 8 langkah kecil berikut untuk memperbaiki kualitas udara kita.

WowKeren - Kondisi polusi udara di beberapa kota di Indonesia belakangan ini menjadi perbincangan hangat masyarakat Tanah Air. Ibukota Jakarta adalah daerah yang paling mendapat banyak sorotan karena dilaporkan memiliki kualitas udara terburuk. Bahkan udara di Jakarta disebut memiliki kualitas terburuk kedua di dunia.

Dikutip dari situs pemantau kualitas udara IQAir, indeks kualitas udara di DKI Jakarta berada di angka 165 AQI US. Angka ini termasuk dalam kategori tidak sehat. Bahkan konsentrasi polutan di Jakarta jatuh di angka PM 2.5, yang mana angka itu merupakan 16,4 kali nilai panduan kualitas udara tahunan dari World Health Organization (WHO).

Oleh sebab itu, polisi udara di Jakarta saat ini dinilai sangat mengkhawatirkan. Beberapa warga dan publik figur juga mulai mempermasalahkan kualitas udara di Jakarta. Banyak dari mereka mengatakan kualitas udara di Jakarta mulai menimbulkan berbagai macam penyakit seperti ISPA.


Penyebab polusi udara di Jakarta memburuk bisa dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya adalah banyaknya industri memakai tenaga batu bara, aktivitas PLTU dan bertambahnya penggunaan kendaraan pribadi. Karena masalah ini, Presiden Jokowi sampai ikut menyoroti. Sejumlah saran seperti penerapan WFH alias kerja dari rumah disebut bisa menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas udara.

Pemerintah kabarnya masih memikirkan solusi terbaik dari persoalan kualitas udara di Jakarta. Di saat menanti pemerintah bertindak, setiap warga nyatanya bisa loh berkontribusi dalam memperbaiki kualitas udara. Bahkan lewat beberapa langkah kecil dari diri sendiri, polusi udara kemungkinan bisa ditekan bila dilakukan oleh banyak orang.

Lantas, apa saja langkah-langkah kecil tersebut? Tak perlu bingung, WowKeren akan merangkumkan beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan guna memperbaiki kualitas udara agar tak makin parah. Yuk, langsung saja disimak di sini ya!

(wk/Sisi)

1. Memakai Transportasi Umum


Memakai Transportasi Umum
Pxfuel

Sudah menjadi rahasia umum jika pemakaian kendaraan pribadi merupakan penyumbang utama kemacetan dan polusi udara. Oleh sebab itu, pemakaian transportasi umum seperti busway, LRT atau MRT amat sangat disarankan. Semakin sedikit pemakaian transportasi pribadi, maka semakin mudah pencemaran udara bisa ditekan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa kendaraan ramah lingkungan. Misalnya, sepeda, motor listrik dan kendaraan ramah lingkungan lainnya. Berjalan kaki juga bisa menjadi alternatif mudah untuk menekan pencemaran polisi udara.

2. Gunakan Produk Ramah Lingkungan


Gunakan Produk Ramah Lingkungan
Pexels

Selanjutnya, pakailah produk-produk dengan label go green atau ramah lingkungan. Contohnya, mengurangi pemakaian produk-produk berbahan kimia seperti cat, parfum dan masih banyak lagi.

Pemakaian kantong plastik juga patut dihindari demi memperbaiki kualitas udara. Pasalnya, bahan-bahan yang terbuat dari plastik sulit terurai. Keseriusan pemerintah dalam mengurangi kantong plastik juga mulai digaungkan, misalnya larangan supermarket memberi kresek kepada konsumen.

3. Sadar Bahaya Merokok


Sadar Bahaya Merokok
Pexels

Tak dipungkiri asap rokok juga merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar. Karena itu, kurangilah penggunaan rokok secara perlahan. Sebagai warga yang baik, pahami lebih dulu bahaya merokok untuk kesehatan.

Usai memahami, carilah artikel berisi tips dan trik berhenti merokok. Lakukan secara konsisten dan hidup Anda dijamin akan semakin sehat juga sejahtera. Meski tak mudah, berkurangnya pemakaian rokok akan sangat membantu mengurangi pencemaran udara.

4. Stop Kebiasaan Bakar Sampah dan Limbah


Stop Kebiasaan Bakar Sampah dan Limbah
Hippopx

Langkah kecil yang lain adalah menghentikan kebiasaan membakar sampah. Minnesota Pollution Control Agency membenarkan aksi membakar sampah sangat buruk untuk kesehatan dan udara. "Membakar sampah rumah tangga Anda berbahaya bagi kesehatan Anda dan lingkungan kita," kata pakar dari Minnesota Pollution Control Agency.

Anda juga bisa mengurangi pembakaran dengan mandaur ulang sampah-sampah yang tak lagi terpakai menjadi sesuatu bermanfaat. Karena itu, pilihlan produk-produk yang ramah akan lingkungan dan memiliki kemudahan untuk didaur ulang.

5. Batasi Pemakaian Listrik


Batasi Pemakaian Listrik
Pxhere

Sepele tetapi kerap diabaikan adalah pemborosan listrik. Batasi pemakaian listrik Anda sehari-hari, maka dijamin kualitas udara akan menjadi bersih. Pasalnya, tenaga listrik di Indonesia rata-rata diperoleh dari mesin pembangkit listrik berbahan minyak atau batu bara

Janganlah memakai listrik bila tak benar-benar perlu. Anda bisa mulai membatasi penggunaan listrik dari hal-hal kecil seperti mematikan lampu jika sudah tak dipakai, tidak pakai lampu penerangan di siang hari dan masih banyak lagi.

6. Bercocok Tanam


Bercocok Tanam
Pexels

Bercocok tanam menjadi salah satu langkah mudah untuk menekan polusi. Tanamlah pohon dan tumbuhan hijau sebanyak-banyaknya. Tak perlu jauh, aksi bercocok tanam ini bisa dilakukan di halaman rumah Anda sendiri.

Selain mengurangi polusi, banyaknya tumbuhan hijau juga dapat menetralkan kualitas udara yang buruk. Lingkungan yang dipenuhi dengan pohon dan tanaman juga membuat suasana dan udara di sekitar terasa segar.

7. Merawat Kendaraan dan Alat Elektronik Dengan Baik


Merawat Kendaraan dan Alat Elektronik Dengan Baik
Rawpixel

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi dan berbagai macam produk elektronik, maka rawatlah dengan baik. Pasalnya, jika terus mengalami kerusakan, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk kembali membeli barang tersebut.

Peningkatan konsumsi transportasi pribadi dan produk elektronik tentu bakal semakin menimbulkan polusi. Pasalnya, produk serta industri yang berkaitan akan terus memproduksinya dan yang terjadi adalah munculnya kerusakan lingkungan.

8. Konsisten dan Dorong Orang Lain Lakukan Hal Yang Sama


Konsisten dan Dorong Orang Lain Lakukan Hal Yang Sama
Pexels

Terakhir, lakukan 7 langkah kecil di atas dengan konsisten. Bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, tentu kualitas udara perlahan akan membaik. Meski sulit, percayalah jika semua langkah baik di atas akan bermanfaat untuk anak cucu kelak.

Selain itu, doronglah orang-orang sekitar Anda untuk mencoba kebiasaan baik tersebut. Pasalnya, semakin banyak orang yang berkontribusi melestarikan lingkungan, semakin cepat pula pemulihan udara di suatu daerah.

Nah, itu dia 8 langkah kecil dan mudah yang bisa diterapkan untuk mengurangi polusi dan pencemaran udara. Semoga kualitas udara di DKI Jakarta lekas pulih agar tak semakin meresahkan banyak orang. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait