Pemerintah Cabut Aturan Lepas Masker, Ini Tips Beraktivitas Aman Agar Imun Tetap Kuat
Pexels
Health

Perhatikan 10 Tips Berikut guna beraktivitas aman agar imun tetap terjaga meski Pemerintah RI telah resmi mencabut aturan wajib masker setelah pandemi dinyatakan berakhir.

WowKeren - Pemerintah Indonesia akhirnya telah resmi mencabut aturan wajib memakai masker. Kini, masyarakat sudah diperbolehkan keluar ke area publik tanpa mengenakan masker. Aturan ini ditetapkan pemerintah RI sejak Jumat, 9 Juni 2023 lalu.

Aturan tak lagi wajib memakai masker ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selain karena status diubah dari Pandemi ke Endemi, kasus Covid-19 di Indonesia dikatakan juga telah menurun sangat pesat. Alhasil, pemerintah memutuskan untuk mencabut aturan wajib masker.


"Demi memaksimalkan perekonomian Indonesia dan proses transisi endemi, Satgas COVID-19 telah melakukan relaksasi kebijakan dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) No.1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pada Masa Transisi Endemi Untuk Mencegah Penularan COVID-19," kata Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

Mendengar aturan baru ini, masyarakat Tanah Air senang bukan main. Kini, lingkungan sekolah sampai perkantoran sudah mulai membebaskan aturan wajib masker. Meski begitu, pemerintah tetap mengimbau agar masyarakat tetap mawas diri meski aturan pakai masker telah dihapus.

Lantas, bagaimana cara aman beraktivitas di luar ruangan agar imun tetap kuat? Tak perlu khawatir, WowKeren akan berbagi 10 tips aman beraktivitas di area publik meski aturan wajib masker telah dicabut. Penasaran apa? Yuk, langsung simak di ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Tetap Pakai Masker Kala Tubuh Tak Fit


Tetap Pakai Masker Kala Tubuh Tak Fit
Pixabay

Meski aturan wajib masker telah dihapus, pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang kurang sehat untuk tetap memakainya. Pasalnya, virus atau penyakit yang Anda bawa berpotensi menular kepada orang lain. Selain itu, dengan memakai masker, penyakit Anda tak berisiko memburuk.

"Dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan dan kegiatan di fasilitas publik," bunyi surat edaran yang dikeluarkan pemerintah.

2. Mandi Usai Melakukan Aktivitas Di Luar Rumah


Mandi Usai Melakukan Aktivitas Di Luar Rumah
Pxhere

Tips penting tetapi seringkali diabaikan adalah mandi setelah beraktivitas di luar ruangan. Jangan malas untuk mandi pasca berkegiatan, terutama jika aktivitas Anda di luar cukup berat dan panjang. Selain itu, segera letakan pakaian ke tempat cucian karena berpotensi membawa kuman dari luar.

Bila perlu, Anda bisa mensterilkan tas, sepatu dan barang-barang lain yang sebelumnya sempat dibawa pergi. Jangan langsung masuk ke dalam kamar bahkan berbaring ke tempat tidur jika beberapa saran di atas belum Anda lakukan ya.

3. Jangan Remehkan Cuci Tangan


Jangan Remehkan Cuci Tangan
Pixabay

Sering-sering mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan meski aturan memakai masker telah dihapus. Jangan sesekali meremehkan manfaat dari cuci tangan. Dengan mencuci tangan, Anda bisa menangkal virus dan bakteri yang mungkin menempel lewat sentuhan telapak tangan.

Cuci tangan dengan sabun bersih dan air mengalir. Selain itu, jangan sering-sering menyentuh area wajah seperti hidung, mata atau pipi jika tangan Anda belum benar-benar bersih. Meski terdengar remeh, rutin mencuci tangan ampuh untuk memperkuat sistem imun tubuh.

4. Bekali Diri Dengan New Normal Kit


Bekali Diri Dengan New Normal Kit
Pixabay

Walau angka penularan Covid di Indonesia telah menurun drastis, masyarakat tetap disarankan untuk membekali diri dengan new normal kit, seperti hand sanitizer, tisu basah atau sabun cair. Pakailah alat-alat tersebut untuk membersihkan tangan setelah menyentuh benda-benda yang berada di area publik.

"Dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan," imbau surat edaran pemerintah.

5. Taati Dengan Baik Setiap Kebijakan Transportasi Umum


Taati Dengan Baik Setiap Kebijakan Transportasi Umum
Rawpixel

Beberapa transportasi umum biasanya memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda. Jangan malas mencari tahu setiap kebijakan transportasi umum yang hendak Anda naiki. Pasalnya, pemerintah meminta agar seluruh pengelola fasilitas transportasi publik ikut serta dalam melakukan perlindungan kepada masyarakat.

"Tetap melakukan perlindungan kepada masyarakat melalui upaya preventif dan promotif untuk mengendalikan penularan COVID-19. Tetap melakukan pengawasan, pembinaan, penertiban, dan penindakan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan COVID-19," bunyi edaran dari pemerintah.

6. Jaga Jarak Dengan Orang Yang Sedang Sakit


Jaga Jarak Dengan Orang Yang Sedang Sakit
Pexels

Meski pandemi telah berakhir, Anda dianjurkan tetap aware dengan sekitar. Jangan berkontak fisik atau berdekatan dengan orang-orang yang memperlihatkan tanda-tanda sedang sakit ya.

Pasalnya, Anda berpotensi tertular penyakit mereka. Jika ada teman atau keluarga yang sedang sakit, Anda juga dianjurkan untuk terus memakai masker. Hindari pula memakai peralatan makan yang sama dengan orang yang sedang sakit.

7. Bawa Alat Makan & Ibadah Sendiri


Bawa Alat Makan & Ibadah Sendiri
Pxhere/Pexels

Langkah aman selanjutnya adalah membawa alat makan sendiri ketika bertandang ke restoran atau tempat kuliner yang ramai. Hal ini karena peralatan makan yang disediakan restoran umumnya dipakai bergantian oleh banyak orang. Selain alat makan, Anda juga sangat disarankan untuk memakai alat ibadah sendiri kala berada di luar rumah.

"Jika Anda memutuskan untuk makan di luar, paling aman membawa peralatan sendiri. Jika ini tidak memungkinkan, bawa pulang adalah pilihan yang lebih aman. Jangan lupa untuk mencuci atau membersihkan tangan sebelum makan," bunyi saran dari UNICEF.

8. Hindari Kerumunan Yang Berlebihan


Hindari Kerumunan Yang Berlebihan
Pexels

Tips selanjutnya yang masih perlu untuk ditaati adalah menjaga jarak dengan orang lain. Anda disarankan untuk tidak berada di kerumunan yang berlebihan. Selain itu, jangan takut untuk menolak berkontak fisik dengan orang yang tak dikenal. Saran ini disampaikan oleh Cleveland Clinic.

"Penting untuk diingat bahwa aturan jarak sosial masih berlaku saat berada di luar ruangan. Anda harus menjaga jarak minimal enam kaki. Aktivitas yang melibatkan sekelompok orang atau kontak fisik juga dilarang," ujar para ahli dari Cleveland Clinic.

9. Meminimalisir Menyentuh Fasilitas Publik


Meminimalisir Menyentuh Fasilitas Publik
Pexels

Sebisa mungkin minimalisirlah bersentuhan langsung dengan fasilitas publik, seperti tombol lift, pintu restoran, kursi taman atau fasilitas publik lainnya. Hal ini karena fasilitas-fasilitas tersebut telah dipakai oleh banyak orang berbeda. Anda tak bisa memastikan apakah orang-orang tersebut dalam keadaan sehat.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menyentuh benda-benda yang berada di area publik dengan kedua tangan. Bila perlu bawalah alat khusus untuk mengakses fasilitas-fasilitas tersebut. Beberapa peralatan pertahanan diri untuk mencegah penularan Covid belakangan sudah banyak dijual di pasaran.

10. Rutin Olahraga & Konsumsi Makanan Sehat


Rutin Olahraga & Konsumsi Makanan Sehat
Pexels

Terakhir yang tak boleh dilupakan adalah terus mengonsumsi makanan sehat dan rutin olahraga. Selain menjaga diri kala beraktivitas di luar ruangan, tubuh juga perlu diperhatikan agar imun tetap kuat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Jangan makan sembarangan dan perbanyak aktivitas positif. Selain itu, segera periksakan diri ke dokter atau konsumsi obat bila tubuh merasa tak sedang sehat. Jangan sampai penyakit Anda semakin parah dan terlambat ditangani.

Nah, itu dia 10 tips yang bisa diterapkan oleh sobat WowKeren sekalian. Anda juga bisa berbagi tips-tips di atas dengan keluarga maupun sahabat. Stay safe and healthy! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait