FDR Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Berhasil Diunduh, KNKT Gandeng Negara Asing Analisis Data
AP
Nasional

Flight Data Recorder (FDR) tersebut berisi data penerbangan selama 69 jam terakhir.

WowKeren - Tim SAR Gabungan telah menemukan kotak hitam atau black box milik pesawat Lion Air PK-LPQ nomor penerbangan JT-610 pada 1 November 2018 lalu. Kotak hitam yang ditemukan berisi rekaman dara penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR).

Kotak hitam tersebut ditemukan tim penyelam TNI AL di kedalaman 30 meter perairan Karawang, Jawa Barat. Lokasi penemuan kotak hitam itu berada di sekitar serpihan pesawat.

Pada Minggu (4/11), Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data FDR dari kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 itu. Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan empat negara asing akan membantu analisis data FDR.

Empat negara asing tersebut antara lain Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Arab Saudi. Empat negara ini akan mengirim investigator dari KNKT masing-masing. Mereka juga akan mengirimkan peralatan canggih untuk menganalisis data.


"Data-data yang telah diunduh sudah kami simpan," papar Nurcahyo di hadapan keluarga korban di Hotel Ibis Cawang, Jakarta, Senin (5/11). "Pemerintahan Amerika Serikat, pabrik pesawat (Boeing) Australia, Singapura, dan Arab Saudi mereka ingin membantu baik peralatan dan personel."

Soerjanto mengatakan pihaknya akan segera melakukan investigasi terhadap data FDR tersebut. Mereka akan mengumpulkan data lain seperti data perawatan hingga posisi radar pesawat Lion Air sebelum jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Pihak KNKT akan mengumpulkan data dari AirNav, perawatan, dan juga data premier radar untuk mencocokkan ketinggian pesawat.

KNKT berjanji akan mengeluarkan laporan awal dalam waktu satu bulan. Untuk laporan lengkapnya, KNKT meminta waktu maksimal 1 tahun untuk analisa data. Setelah sekitar satu tahun, laporan utuh terkait penyebab jatuhnya Lion Air akan disampaikan ke publik.

Diketahui, FDR yang ditemukan itu berisi data penerbangan selama 69 jam terakhir. Rekaman tersebut terdiri dari 19 penerbangan. Salah satunya data penerbangan terakhir sebelum pesawat jatuh ke perairan Karawang, Jawa Barat.

Sebelum mengunduh data tersebut, KNKT melakukan beberapa tahapan untuk membersihkan memori FDR dari kotak hitam pesawat Lion Air JT-610. Memori FDR itu perlu dibersihkan karena basah dan terdapat residu garam. Salah satu cara adalah dengan memasukkan benda tersebut ke dalam oven secara hati-hati agar tidak merusak data dalam memori.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel