Tak Ada Korban Jiwa, Sebuah Power Bank Meledak di Pesawat Milik Brunei
Facebook/Francis Ngu Hown Hua
Dunia

Dalam video yang diunggah di media sosial, terlihat kabin pesawat dipenuhi oleh asap.

WowKeren - Penumpang maskapai penerbangan Royal Brunei Airlines RB BI636 dikejutkan oleh meledaknya sebuah power bank di dalam pesawat. Beruntung, insiden tersebut tidak menyebabkan awak pesawat dan penumpang terluka.

Kejadian tersebut berlangsung pada Kamis (3/1) malam waktu setempat. Insiden itu diabadikan lewat video dan diunggah oleh salah satu pengguna Facebook, Francis Ngu Hown Hua. Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari empat ribu kali.

Dalam video tersebut, terlihat kabin pesawat dipenuhi dengan asap. Para penumpang berusaha menutup hidung dan wajah mereka. Insiden ini sempat menimbulkan kebakaran namun dalam skala kecil sehingga para awak pesawat bisa segera memadamkannya.

Atas profesionalitas awak kabin dalam menangani masalah tersebut, pesawat dengan rute penerbangan Hong Kong-bandar Seri Begawan itu dapat mendarat dengan selamat. Pemilik akun Francis Ngu Hown juga sempat memberikan pujian pada awak pesawat yang dengan sigap memadamkan api. Karena jika tidak, hal itu bisa menimbulkan kepanikan di antara penumpang.


Terkait insiden ini, pihak maskapai penerbangan menegaskan bahwa kru pesawat memang sudah dilatih untuk menangani insiden semacam itu dengan prosedur operasi standar yang ada. Mereka dilatih secara profesional untuk memastikan keselamatan para penumpang setiap saat.

Tak hanya itu, pihak Royal Brunei juga menuturkan bahwa mereka membawa peralatan keselamatan yang direkomendasikan di atas pesawat. Dengan begitu, penanganan masalah dapat dilakukan dengan cepat.

“Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti prosedur operasi standar guna menangani insiden seperti itu secara profesional dan untuk memastikan keselamatan tamu kami setiap saat,” kata pihak Royal Brunei dalam bahasa Inggris dilansir Asiaone pada Sabtu (5/1). “Kami membawa peralatan keselamatan yang direkomendasikan di atas pesawat setiap saat.”

Kejadian power bank meledak di pesawat Royal Brunei bukanlah yang pertama kali. Beberapa waktu lalu, hal serupa pernah terjadi di dalam bus di Guangdong, China. Kala itu seorang pria sedang memangku tas yang berisi power bank di dalamnya.

Tak disangka-sangka, asap keluar dari tas pria tersebut dan terjadi ledakan. Sontak pria tersebut langsung menjatuhkan tasnya ke lantai bus. Kejadian ini sempat membuat para penumpang lainnya panik.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait