Dikabarkan Nikahi Ratu Kecantikan Rusia, Raja Malaysia Telah Resmi Turun Takhta
Dunia

Pihak Istana Malaysia mengumumkan bahwa Sultan Muhammad V memutuskan untuk turun dari takhta pada 6 Januari 2019.

WowKeren - Raja Malaysia Sultan Muhammad V resmi mengundurkan diri sebagai Yang Dipertuan Agong ke-15 pada 6 Januari 2019. Sultan Muhammad V diketahui telah bertakhta selama 2 tahun sejak dilantik pada 13 Desember 2016 silam.

"Istana Negara menginformasikan bahwa keagungannya telah mengundurkan diri sebagai raja ke-15 yang berlaku 6 Januari," terang pernyataan dari Istana Negara Malaysia, Minggu (6/1). Dilansir The Guardian, pengumuman tersebut seakan menjawab spekulasi masa depan Sultan Muhammad V.


Pasalnya, keputusan untuk turun takhta tersebut menyusul cuti yang diajukan Sultan Muhammad V untuk melakukan perawatan media sejak 2 November 2018 lalu. Namun di tengah cuti tersebut, sang Raja malah dikabarkan menikah dengan mantan juara kontes kecantikan di Rusia, Oksana Voevodina.

Keputusan Sultan Muhammad V untuk turun takhta ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Malaysia sejak Negara tersebut merdeka dari Inggris pada 1957. Pihak Istana juga tak memberi keterangan mengapa Raja berusia 49 tahun tersebut memilih untuk mengundurkan diri.

Terkait dengan kabar pernikahan Sultan Muhammad V dan Oksana, pihak Istana belum mau memberikan komentar. Kabar ini sempat mengejutkan banyak pihak karena jarak umur pasangan tersebut cukup besar, yaitu 24 tahun.

Sultan Muhammad V sendiri diketahui mencetak sejarah sebagai Yang Dipertuan Agong termuda yang pernah bertakhta di Malaysia. Ia menduduki singgasana raja pada usia 47 tahun. Sementara itu, rekor Raja Malaysia tertua dipegang oleh Sultan Kedah Tuanku Abdul Halim Muadzam Shah yang bertakhta pada usia 89 tahun.

Negara Malaysia menganut sistem monarki kontitusional, sehingga seorang Yang Dipertuan Agong merupakan kepala negara. Takhta tersebut dipegang secara bergiliran oleh para Sultan dari sembilan Negara bagian Malaysia. Pergantian takhta tersebut diadakan setiap lima tahun sekali.

Sebelumnya, Sultan Muhammad V terpilih dalam konferensi para Sultan Malaysia yang digelar akhir tahun 2016 lewat pemungutan suara secara rahasia. Setelah ia mengundurkan diri dari jabatannya, penguasa kerajaaan di Malaysia kini akan menggelar pertemuan untuk memutuskan raja berikutnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...