Dituding Manfaatkan Informasi Orang Dalam, IU Lakukan Praktik Investasi 'Ilegal'?
Selebriti

Salah satu media melaporkan kalau IU mendapat untung hingga lebih dari Rp 20 miliar lewat investasi GTX (Great Train eXpress) yang ia lakukan.

WowKeren - Baru-baru ini IU menjadi sorotan publik Korea, namun kali ini bukan berkat karyanya. Penyanyi kelahiran 1993 tersebut menjadi topik pembicaraan karena gara-gara investasi di bidang real estate yang dilakukannya.

Salah satu media melaporkan kalau IU mendapat untung besar lewat investasi GTX (Great Train eXpress) yang ia lakukan. Pemilik nama asli Lee Jieun tersebut membeli tanah dan bangunan di kawasan Gwacheon, Gwanggi-do Januari lalu seharga 4,5 miliar won (sekitar Rp 57,8 miliar).

Sejak itu, nilai properti di kawasan tersebut naik drastis berkat adanya proyek GTX. Nilai properti yang dimiliki IU sendiri naik hingga menjadi senilai 6,9 miliar won (sekitar Rp 88,3 miliar).


Tak pelak, IU pun dituding memanfaatkan informasi orang dalam (terkait proyek GTX) sebelum membeli properti tersebut, yang membuat nilainya naik berkat adanya proyek GTX. Dibandingkan investor-investor lainnya, IU juga menjadi pihak yang paling diuntungkan mengingat jumlah investasinya yang paling besar.

"Pemerintah mengadakan GTX untuk mengontrol real estate, tapi gara-gara proyek itu, harga real estate di area tersebut naik dengan cepat," kata seorang sumber di bidang real estate. "Kami khawatir kalau orang-orang berusaha memanfaatkan profit yang mereka dapat dari perbedaan harga pasar."

Meski IU tidak melakukan sesuatu yang ilegal, publik menuding bahwa apa yang ia lakukan salah. Tanpa informasi orang dalam tentang kebijakan pemerintah terkait GTX, IU tidak akan tahu untuk membeli tanah yang awalnya kosong, terutama karena ia menghabiskan banyak uang untuk itu.

Sebelum ini, Jung Yong Hwa juga tersandung tudingan yang sama. Leader CN Blue itu disebut-sebut memanfaatkan informasi orang dalam terkait bergabungnya Yoo Jae Seok ke FNC Entertainment, lalu membeli saham FNC sebelum harganya naik usai Yoo Jae Seok diumumkan bergabung.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru