Status Masih Waspada, Gunung Merapi Kembali Gugurkan Lava Pijar Sebanyak 6 Kali
Twitter/merapi_news
Nasional

Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar sebanyak enam kali pada 13 Januari 2019 malam.

WowKeren - Gunung Merapi akhir-akhir ini kembali banyak menunjukkan aktivitas. Guguran lava pijar sempat dilontarkan pada 4 Januari 2019 lalu. Meski demikian, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status gunung ini pada Level II Waspada.

Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini kembali mengeluarkan guguran lava pijar pada 13 Januari 2019 malam. Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Kabupaten Sleman, mencatat telah terjadi enam kali guguran lava dari puncak Merapi.


"Iya, tadi malam tercatat 6 kali guguran lava di Merapi," kata petugas jaga PGM Kaliurang, Lasiman, dilansir detik.com, Senin (14/1). Peristiwa guguran lava tersebut teramati sejak pukul 19.50 WIB hingga pukul 21.21 WIB.

Guguran lava dari puncak gunung tersebut menuju ke arah hulu Kali Gendol. Jarak luncur masing-masing diperkirakan antara 200 hingga 600 meter, dengan durasi 35 hingga 86 detik.

Jarak luncur ini masih terbilang aman. Sehingga petugas Pos PGM menghimbau agar masyarakat sekitar tetap tenang.

"Jarak luncur tergolong masih aman," terang Lasiman. "Jadi masyarakat dihimbau tetap tenang."

BPPTKG juga memberikan informasi mengenai perkembangan terbaru Gunung Merapi di akun Twitter resminya. Mereka kembali menekankan bahwa status Gunung Merapi masih berada di level 2, Waspada.

Warganet pun mengaku bahwa mereka turut memantau aktivitas Merapi dari lokasinya masing-masing. Warganet berharap masyarakat yang tinggal di sekitar gunung Merapi bisa terus waspada dan tetap aman.

"Turut mantau saudara saudara sekalian," komentar akun @si***ae. "Kaliurang memantau pakde," timpal akun @la***an.

"Ikut serta memantau," tulis akun @SY***am. "Tetap waspada salam Mandali Aamiin," komentar akun @Mu***n5.

You can share this post!

Related Posts
Loading...