Gegerkan Dunia, Begini Kesaksian Nelayan Indonesia yang Disumpah Usai Ngaku Lihat Jatuhnya MH370
Dunia

Seorang nelayan secara mengejutkan memberikan kesaksian mengenai lokasi jatuhnya Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 lalu.

WowKeren - Seorang nelayan asal Indonesia membuat geger dunia usai memberikan pengakuan bahwa dirinya melihat detik-detik saat pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh. Ia bahkan memberikan catatan detail mengenai lokasi jatuhnya pesawat nahas dengan rute Malaysia-Beijing itu. Diketahui, MH370 dikabarkan hilang kontak setelah kurang lebih satu jam lepas landas pada 8 Maret 2014.

Nelayan Indonesia ini bernama Rusli Khusmin. Pria berusia 42 tahun ini memberikan beberapa kesaksian terkait jatuhnya pesawat dengan 239 penumpang dari 15 negara ini. Rusli menyatakan bahwa dirinya tak melihat kepulan asap apapun saat pesawat tersebut jatuh.

"Saya melihat pesawat bergerak dari kiri ke kanan seperti layang-layang yang rusak. Tidak ada suara, hanya asap hitam akibat kebakaran sebelum menabrak air," demikian keterangan Rusli dilansir Detik seperti dikutip news.com.au pada Jumat (18/1). Rusli juga menyatakan bahwa dirinya mencatat titik koordinat jatuhnya pesawat MH370 tersebut.


Kesaksian Rusli ini ia sampaikan dalam konferensi pers di Subang Jaya, Kuala Lumpur. Ia disumpah sembari menyerahkan bukti dan navigator GPS yang menunjukkan lokasi jatuhnya MH370. Kendati demikian, Rusli tak menyatakan kenapa ia baru saja memberikan keterangan usai 5 tahun pesawat tersebut hilang kontak.

Setelah mendapatkan keterangan dari Rusli, bukti-bukti tersebut kemudian diserahkan pada Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohammad. Keterangan Rusli ini akan dijadikan alat bukti baru dalam penyelidikan hilangnya pesawat MH370 itu.

Sebelumnya, diketahui bahwa otoritas Prancis telah membuka kembali penyelidikan atas tragedi hilangnya Malaysia Airlines MH370. Alasan dibukanya penyelidikan kembali adalah karena gagalnya otoritas Malaysia memberikan alasan pasti mengenai hilangnya MH370 tersebut.

Beberapa lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya pesawat MH370 tersebut masih gagal menunjukkan keberadaan pesawat yang lepas landas dari Kuala Lumpur itu. Kasus ini terus mendapatkan sorotan lantaran belum ditemukan lokasi pasti hilangnya pesawat tersebut. Terlebih usai pihak Malaysia Airlines mengirimkan pesan kepada keluarga penumpang yang menyatakan bahwa pesawat hilang dan tak ada korban selamat.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait