Cara Salat Sambil Duduk Ma'ruf Amin Disorot BPN Prabowo, MUI: Sudah Ada Dalilnya
Twitter/KHMarufAmin_
Nasional

Sebelumnya, perwakilan BPN Prabowo menyampaikan kritikan pedas terkait cara salat Ma'ruf Amin melalui Twitter pribadinya.

WowKeren - Cara salat Calon Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin mendapatkan sorotan dari salah satu perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kritikan disampaikan oleh Direktorat Relawan Nasional BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Mustofa Nahrawardaya dalam akun Twitter miliknya.

Membandingkan foto Ma'ruf saat salat dan kemudian berada di debat pilpres, kritikan Mustofa tersebut langsung mendapat respon dari kubu Joko Widodo. Juru Bicara TKN Jokowi, Ace Hasan Syadzily, meminta kubu Prabowo untuk tak menyerang hal personal seperti urusan beribadah.

Respon tersebut kemudian telah mendapatkan timbal balik dari Mustofa. Atas penjelasan dari TKN Jokowi-Ma'ruf tersebut, ia juga meminta agar cara salat Prabowo selama ini juga tak dipermasalahkan.

Menanggapi ketegangan ini, Majelis Ulama Indonesia memberikan penjelasan. Menurut penjelasan MUI, sudah ada dalil bagi seseorang yang melakukan salat dengan duduk.

"Ya (boleh) ada dalilnya. Bahkan saat perang pun kita harus salat, ada namanya salat khouf, salat perang," terang Ketua Dewan Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Cholil Nafis dilansir Detik pada Senin (21/1). "Bagi orang yang tidak mampu berdiri ya duduk, enggak bisa duduk berbaring. Enggak bisa berbaring ya terlentang."

Terkait siapa yang boleh melakukan ibadah salat dengan duduk atau terlentang, Cholil memberikan penjelasan bahwa semua umur boleh melakukannya. Asalkan ada alasan yang diperbolehkan oleh agama. Fenomena salat sambil duduk ini juga dijelaskan Cholil umum terjadi di Mekah, Arab Saudi.

Diketahui, foto yang dibagikan oleh Mustafa tersebut diambil pada saat Jokowi dan Ma'ruf Amin tengah melangsungkan salat bersama di Masjid Istana. Usai salat berjamaah, paslon nomor urut 01 ini lantas berangkat menuju lokasi debat perdana pilpres yang berlangsung pada Kamis (17/1) yang lalu.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru