Ide Jokowi, Pemerintah Gelar Turnamen Mobile Legends 'Piala Presiden Esport 2019'
Nasional

Turnamen ini akan dimulai dengan babak kualifikasi yang digelar di delapan kota besar di Indonesia.

WowKeren - Turnamen game online memang menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh khususnya para gamers. Kabar gembira datang dari pemerintah yang tak lama lagi akan menggelar turnamen game online bertajuk "Piala Presiden Esport 2019." Adapun game online yang akan dipertandingkan adalah Mobile Legends.

Panitia penyelenggara turnamen ini berasal dari sejumlah kementerian dan lembaga negara, yakni Kantor Staf Presiden (KSP), Badan Ekonomi Kreaktif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Mereka bekerja sama dengan IESPL yang notabene organisasi liga Esport pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

Seperti yang diketahui selama ini, Mobile Legend telah menjadi salah satu game online yang paling diminati oleh publik Indonesia. Tak hanya anak-anak, tapi juga orang tua.

Grafik yang apik serta gameplay yang menarik membuat game online yang satu ini sangat mudah menggaet hati para gamers. Berangkat dari alasan inilah pihak IESPL memilih Mobile Legend untuk dipertandingkan.

"Kami pilih Mobile Legends yang dipertandingkan," ujar Presiden IESPL Giring Ganesha dalam konferensi pers di Gedung III Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1). "Karena banyak diminati anak muda Indonesia."

Turnamen game akan dimulai dengan babak kualifikasi. Dalam babak ini, akan dijaring gamers terbaik dari kota-kota besar di Indonesia seperti Palembang, Bekasi, Manado, Denpasar, Makassar, Solo, Pontianak dan Surabaya.


Dari babak tersebut, panitia akan menyisakan dua belas tim terbaik untuk maju ke babak grand final yang akan diselenggarakan akhir Maret mendatang. Tim yang berhasil keluar sebagai pemenang di grand final akan mendapat kehormatan untuk mewakili Indonesia di Sea Games 2019 di Filipina.

Adapun penyelenggaraan turnamen ini berangkat dari ide Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Moeldoko mengatakan bahwa Jokowi menilai banyak pemuda Indonesia yang menaruh minat terhadap game. Sehingga, Jokowi berniat untuk memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Presiden melihat banyak putra-putri Indonesia memiliki minat," kata Moeldoko dilansir dari Kompas pada Selasa (29/1). "Jadi, ya kita harus memanfaatkan lompatan teknologi untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik."

Siapa sangka jika industri game juga ikut memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-16 untuk industri game dengan nilai mencapai 79,7 juta dollar AS. Oleh sebab itu, Jokowi ingin agar esport semakin berkembang dan ikut mewujudkan Indonesia yang modern.

"Indonesia ini peringkat ke-16 untuk industri game. Tahun 2017 itu, nilainya sampai 79,7 juta dollar AS berdasarkan data dari Bekraf," terang Moeldoko. "Presiden ingin esport ini semakin berkembang, semakin baik bagi perekonomian nasional dan ikut mewujudkan visi Indonesia yang modern."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait