Kemenpora Benarkan Surat Imbauan Setel 'Indonesia Raya' Sebelum Pemutaran Film Bioskop
Nasional

Viral di media sosial, beredar surat edaran imbauan dari Kemenpora untuk menyetel lagu Indonesia Raya di bioskop-bioskop.

WowKeren - Surat imbauan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengenai permintaan memutar lagu "Indonesia Raya" beredar di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun gosip yang menunjukkan surat edaran tersebut.

Dalam surat tersebut, terlihat stempel dan tanda tangan Menteri Pemuda dan Olahraga yang bertanggal Rabu (30/1). Dalam surat bernomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 tersebut dikatakan adanya imbauan untuk menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pemutaran film.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada Tanah Air, dengan ini kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film. Demikian imbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih."

Dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Kemenpora membenarkan adanya surat imbauan tersebut. Kendati demikian, Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto tak mewajibkan adanya pemutaran lagu "Indonesia Raya" di seluruh bioskop. "Namanya imbauan, dilakukan boleh, enggak juga enggak apa-apa," jelas Gatot seperti dilansir Kompas pada Kamis (31/1).


Di sisi lain, netizen tampak pro kontra terhadap imbauan ini. Beberapa netizen menganggap imbauan menyanyikan Indonesia Raya merupakan suatu terobosan yang bagus. Namun, beberapa netizen lain menganggap hal ini terlalu berlebihan.

"Gua si dukung,waktu itu gua baca di ig ada di negara mana lupa setiap pemutaran film mereka menyanyikan lagu kebangsaan mereka" tulis akun @g***.id. "Setujuuu, keren kaya thailand" sahut akun @y***tu. "Setuju banget. di filipina jg gini kok, stiap sblm pemutaran film pst ada pemutaran national anthem nya, trs smua org di studio berdiri. gw yg ngga ngerti bahasa nya duduk aja, diliatin sama org2 wkwk" tambah akun @l***ol.

"Bawa kekasih pergi nonton, hilang mood kemesraan. Gegara diwajibkan nyanyi Indonesia Raya. Mau nonton Timnas ? " tulis akun @De**2. "Gue gak masalah berdiri saat Indonesia Raya di bioskop. Gue cuma mempertanyakan efektivitas cara ini buat meningkatkan nasionalisme " sahut akun @. "G gitu jg kali klo ingin menunjukkan rasa nasionalismenya.berbelit belit namanya...cukup cintai negeri ini, hormati dan jaga dari segala macam kekacauan dan huru hara yg akan memecahkan persatuan baik dr dalam maupun dr luar..." tambah akun @n***on.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru