Sempat Hilang Tanpa Jejak, Jasad Dari Pesawat Pesepak Bola Emiliano Sala Berhasil Diangkat
AFP/Loic Venance
Dunia

Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) berhasil mengangkat jenazah dari puing-puing pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala.

WowKeren - Pencarian pesawat komersial yang ditumpangi pemain asal Argentina dan top skor klub Ligue 1 Prancis Nantes, Emiliano Sala, akhirnya membuahkan hasil. Dengan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), pesawat Emiliano ditemukan di dasar laut Guernsey, Selat Inggris, pada Minggu (3/2).

Setelah itu, jenazah penumpang dilaporkan terlihat dari puing-puing pesawat pada Senin (4/2). Selepas berkonsultasi dengan pihak keluarga Emiliano dan pilot David Ibbotson, upaya untuk mengangkat jenazah pun dilakukan.

Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB), telah mengonfirmasi bahwa pihaknya berhasil mengangkat jenazah tersebut. AAIB mengaku pihak keluarga selalu diberi informasi mengenai perkembangan penyelidikan.

"Setelah pemeriksaan visual yang luas dari lokasi kecelakaan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), diputuskan untuk mencoba operasi pemulihan," terang pihak AAIB dilansir SkySports, Kamis (7/2). "Dalam kondisi yang menantang, AAIB dan kontraktor spesialisnya berhasil menemukan mayat yang sebelumnya terlihat di tengah puing-puing. Operasi dilakukan dengan cara yang bermartabat mungkin dan keluarga tetap diberi informasi tentang kemajuan."


AAIB menyatakan pihaknya tidak mungkin dapat mengangkat puing pesawat. Meski demikian, rekaman video diharap dapat menjadi bukti dalam proses pencariannya.

"Meskipun tidak mungkin untuk mengangkat pesawat, rekaman video luas yang ditangkap oleh ROV diharapkan memberikan bukti berharga untuk penyelidikan keselamatan kami," jelas pihak AAIB. "Kami mengharapkan pembaruan kami berikutnya menjadi laporan sementara, yang akan kami publikasikan dalam waktu satu bulan setelah kecelakaan terjadi."

Sebelumnya, pesawat Emiliano tersebut menghilang dari radar saat berada di utara laut Alderney sekitar Les Casquete, Minggu (20/1) pukul 20.23 waktu Prancis. Sebelum menghilang, Emiliano sempat mengirim pesan via WhatsApp pada teman-temannya.

Dalam pesan tersebut, Emiliano mengaku ketakutan. Emiliano juga menyebut bahwa apabila teman-temannya tidak mendapat kabar darinya selama beberapa jam ke depan, maka pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan.

Kala itu, Emiliano tengah berada dalam penerbangan dari Prancis ke Cardiff, Wales. Ia berniat untuk memulai karier baru sebagai pemain Cardiff City.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru