Sandiaga: Lahan Prabowo di Aceh Banyak Dipakai oleh Aktivis GAM
Nasional

Sandiaga menilai adalah hal wajar jika seseorang mendapat konsesi atas tanah negara dalam jumlah yang luas.

WowKeren - Capres 02 Prabowo Subianto mengakui jika dirinya menguasai ratusan ribu hektare lahan di Aceh maupun Kalimantan Timur. Namun karena lahan tersebut bukan milik pribadi secara sertifikat, ia siap mengembalikan jika sewaktu-waktu negara ingin mengambilnya.

Cawapres 02 Sandiaga Uno ikut angkat bicara soal tersebut. Ia ingin meluruskan bahwa lahan itu banyak dikelola untuk memberikan lapangan pekerjaan. Terutama untuk lahan di Aceh, digunakan oleh para aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk meningkatkan ekonomi mereka.


"Lahan yang dikelola beliau banyak dikelola membuka lapangan kerja," kata Sandiaga di Karawang, Jawa Barat, Senin (18/2). "Lahan di Aceh misalnya, banyak digunakan aktivis GAM untuk meningkatkan ekonomi mereka."

Menurut eks Wagub DKI Jakarta itu, Prabowo memiliki nasionalisme serta jiwa patriotik yang tinggi. Oleh sebab itu itu, ia yakin mantan Danjen Kopassus tersebut sama sekali tidak keberatan jika negara mengambil lahan itu sewaktu-waktu.

"Saya yakin bahwa kapan pun negara ambil alih Hak Guna Usaha (HGU) tersebut Pak Prabowo bersedia," tegas Sandiaga. "Karena Prabowo sangat patriotik dan nasionalis."

Menurut Sandiaga, adalah hal wajar jika seseorang mendapat konsesi atas lahan seluas itu. Bahkan saat aktif menjadi seorang pengusaha, ia pernah menguasai lahan yang lebih luas daripada itu. "Bahkan waktu saya jadi pengusaha, lahan yang saya kuasai lebih banyak (dari Prabowo)," tutur Sandiaga.

Sementara itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa para mantan anggota GAM mengaku kecewa dengan pernyataan Jokowi. Sebab, justru dengan izin Prabowo lah mereka bisa memanfaatkan lahan tersebut.

"Mereka menyatakan, 'Mas, kami ini marah, kami kecewa dengan statement dan tuduhan Pak Jokowi'," kata Dahnil menirukan pernyataan mantan kombatan GAM di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/2). "Kenapa? Karena bagi mereka justru tanah yang di-HGU-kan kepada Pak Prabowo itu digunakan sepenuhnya untuk masyarakat. Kombatan GAM di Aceh itu banyak memanfaatkan tanah-tanah itu atas izin Pak Prabowo."

Oleh sebab itu, lahan HGU Prabowo dinilai sangat memberikan manfaat untuk rakyat. Para aktivis GAM tersebut merasa terbantu dengan hal itu.

"Teman-teman kombatan Aceh itu merasa terbantu oleh lahan yang di HGU-kan kepada Pak Prabowo," tegas Dahnil. "Ingat, itu bukan milik Pak Prabowo."

You can share this post!

Related Posts
Loading...