Jasad Kiai NU di Blitar Ditemukan Masih Utuh Usai 31 Tahun Terkubur, Begini Kesaksian Sang Anak
Nasional

Masyarakat dibuat kagum saat melihat kondisi jasad tokoh NU yang terkubur di pemakaman umum Gandusari, Blitar.

WowKeren - Warga Blitar dibuat kagum dengan keadaan jasad seorang tokoh Nadhatul Ulama (NU) di Gandusari, Blitar, Jawa Timur. Pasalnya, jasad tokoh besar yang diketahui bernama Mbah Kiai Anwar Sudibyo tersebut masih utuh meski sudah terkubur selama 31 tahun.

Pembongkaran makam dilakukan pada Kamis (14/3) yang lalu. Diketahui, makam Kiai Anwar akan dipindahkan dari makam umum ke makam keluarga yang berada di Masjid Tambakan, Gandusari, Blitar. Setelah digali, masyarakat dibuat kaget lantaran jasad Kiai Anwar masih utuh usai dikebumikan pada tahun 1988 yang lalu.


Kabar ini lantas viral dan berhasil menjadi bahan perbincangan netizen. Sebuah akun Facebook bernama Santri Ndalem turut mengabarkan hal ini. Dikutip dari Detik pada Selasa (19/3), akun tersebut membagikan testimoni saat menghadiri pembongkaran makam Kiai Anwar.

"Pemindahan makam Kyai Anwar S. Sesepuh. Tokoh ulama NU Tambakan Gandusari. Dari pemakaman umum dipindah ke pemakaman keluarga. Lokasinya di masjid Tambakan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Subhanalloh...Meskipun wafat 1988, dibongkar Kamis (14/3/2019), kondisi jasad 90% masih utuh. Genap 31 tahun dikebumikan. Kuasa Illahi didepan mata warga. Nyata. Mulai jari kaki sampai kepala masih wujud gandeng, sedikitpun tidak lepas. Kain kafan utuh sedikitpun tidak sobek," tulis akun Facebook tersebut. "Beliau dulu istiqomah sebagai Kyai di ormas NU ini alumnus ponpes Apis Gondang Kecamatan Gandusari. Mari istiqomahkan tahlilan, kirim pahala sedekah hidayah Fatihah agat kita senantiasa terbiasa bantu membantu menabung pahala amal ibadah.Semoga jenazah beliau dan juga kita semua ditaqdirkan Husnul Khotimah Aamiin."

Di sisi lain, pihak pondok pesantren dan keluarga telah membenarkan kabar viral ini. Mereka memberikan kesaksian mengenai utuhnya jasad Kiai Anwar saat akan dipindahkan. "Iya benar saya dapat kabar dari keluarganya tentang pemindahan makam Mbah Kiai Anwar. Walaupun saya tidak menyaksikan langsung dari dekat, tapi saya sangat yakin berita itu benar," ungkap Pengasuh Ponpes Apis Gondang, Moch Subhan Anshori dilansir Detik.

Sementara itu, putra kelima Kiai Anwar juga turut memberikan kesaksian mengenai kondisi jasad sang ayah. "Iya memang benar Kamis itu makam bapak saya dipindah. Dan saya melihat sendiri, jasadnya masih utuh. Utuh," terang putra Kiai Anwar, Moch Munib seperti dilansir Detik.

You can share this post!

Related Posts
Loading...