Ma'ruf Amin Dinilai Tak Punya Gagasan dan Hanya 'Kampanyekan' Jokowi-JK dalam Debat Cawapres
Instagram/khmarufamin_
Nasional
Debat Cawapres 2019

Penilaian terhadap performa Ma'ruf tersebut diberikan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik.

WowKeren - Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2019 yang digelar pada Minggu (17/3) kemarin masih menuai sejumlah diskusi. Berbagai pihak menyampaikan penilaian mereka atas performa Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang saling beradu argumen.

Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo Subianto-Sandiaga, M Taufik, menilai bahwa Ma'ruf tidak memiliki gagasan baru dalam Debat Cawapres lalu. Menurut Taufik, Ma'ruf hanya "mengkampanyekan" program yang telah dilakukan Joko Widodo dan Jusuf Kalla selama empat tahun.


"Kalau kita dengarkan kan apa yang dilakukan Jokowi-JK yang disampaikan," tutur Taufik di kantor Seknas Prabowo-Sandiaga, Jakarta Pusat, Selasa (19/3). "Tapi gagasan sebagai partner Cawapres enggak ada."

Oleh sebab itu, Taufik menilai bahwa Sandiaga unggul dari berbagai aspek dalam debat Cawapres. Pasalnya, menurut Taufik, Sandiaga lebih jelas soal aspek gagasan membangun negara ke depan. Apalagi, penampilan Sandiaga dalam forum debat juga dinilai lebih mantap dibanding Ma'ruf.

"Sandi lebih jelas, lebih terang dari performa, penampilan, pemikiran jauhlah," ujar Taufik. "Usia apalagi, kita mesti maklumi juga."

Taufik pun lantas mengaku merasa kagum dengan sikap Sandiaga yang sangat santun dalam menghadapi Ma'ruf di arena debat. Bahkan karena terlalu sopan, Taufik mengungkap dirinya merasa geregetan. Ia pun menjelaskan bahwa mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut memang memiliki prinsip untuk tidak mempermalukan orang di depan publik.

"Sebenarnya kesempatan untuk memukul itu banyak banget. Sebelum debat saya diskusi dengan Sandi. Saya bilang ini kesempatan serang. Tapi dia (Sandi) bilang 'gimana ya Bang Taufik, beliau ini kan sepuh, kedua ulama'," jelas Taufik. "Nah sikap ini yang saya lihat diterapkan Sandi saat debat dan santun ini enggak dibuat buat."

Di sisi lain, performa Ma'ruf dalam debat Cawapres kemarin mendapat banyak pujian. Ma'ruf dinilai memberikan performa di luar ekspektasi dan membuat publik terkejut.

Pengamat politik Rocky Gerung misalnya, menilai Ma'ruf tampil lebih percaya diri dibanding Sandiaga. Ma'ruf juga disebut lebih tenang dibanding penampilan pertamanya dalam debat Capres-Cawapres pada 17 Januari 2019 lalu.

You can share this post!

Related Posts
Loading...