SCTV Music Awards 2019: Iwan Fals Cerita Perbedaan Perjuangan Musisi Zaman Dulu dan Sekarang
WowKeren/Fernando
Musik

Iwan Fals berhasil membawa pulang piala meskipun namanya tidak masuk ke dalam 8 nominasi, yaitu penghargaan spesial sebagai Lifetime Achievement di SCTV Music Awards 2019.

WowKeren - Iwan Fals termasuk sederet musisi senior Tanah Air yang hadir di ajang penghargaan SCTV Music Awards 2019. Ajang penghargaan musik bergengsi ini sendiri telah digelar pada Jumat (26/4) dan disiarkan langsung oleh pihak SCTV dari Studio 6, EMTEK City, Jakarta, pukul 20.00 WIB.

Nama tidak masuk dalam 8 daftar nominasi, namun Iwan berhasil membawa pulang piala. Kualitas, konsistensi serta musikal Iwan di industri musik Tanah Air memang tak diragukan lagi. Pelantun "Bento" ini telah menjajaki kariernya sebagai penyanyi puluhan tahun serta lagu-lagu ciptaannya yang menginspirasi banyak musisi Indonesia.

Bukan hanya lagu biasa, tembang ciptaan Iwan juga mengandung sindiran mengenai kondisi negeri Tanah Air yang kerap menyinggung politikus. Karena hal itu, pria berusia 57 tahun ini pun mendapat penghargaan spesial sebagai Lifetime Achievement, yang artinya penghargaan seumur hidup.

Iwan pun bersyukur menerima penghargaan yang begitu terhormat ini. "Ya alhamdulillah," kata Iwan sambil tertawa kemudian mencium piala, ketika ditemui WowKeren di lokasi terselenggaranya SCTV Music Awards 2019.


Berpuluh-puluh tahun berkarier di industri musik, lalu bagaimana pandangan Iwan terkait musisi Tanah Air saat ini? Iwan menuturkan saat ini musisi Indonesia jauh lebih baik, apalagi dengan banyaknya sekolah musik yang kini banyak diminati orang tua untuk memasukkan anak-anak mereka ke sana.

"Bagus ya, udah ada sekolah dimana-mana udah mulai belajar apresiasi musik orang," ungkap Iwan. "Orang tua berani ngelepas anak-anaknya ke sekolah musik."

Dengan adanya ajang penghargaan untuk musisi Tanah Air seperti SCTV Music Awards ini, Iwan mengaku tambah semangat untuk menciptakan banyak karya. Termasuk untuk motivasi bagi para musisi muda. Tidak ketinggalan pula Iwan juga memberikan saran dan nasehat untuk mereka.

"Haduh... saya jadi tambah semangat bikin musik. Mudah-mudahan juga jadi menyemangati yang muda-muda," ucap Iwan. "Fokus, terus berlatih, jangan gampang puas."

Lantas apa harapan Iwan untuk musisi Indonesia saat ini? Ayah tiga anak itu pun agar musisi muda saat ini lebih baik dan tambah semangat ketika menciptakan karya. Iwan juga menceritakan perbedaan perjuangan dulu dan sekarang tentang menciptakan lagu yang bisa langsung di-upload ke media sosial.

"Harapan tentu yang baik. Nggak sesulit dulu punya karya langsung di-upload," pungkas Iwan. "Jadi kita harus tambah semangat dan juga menginspirasi orang untuk berbuat baik terhadap orang lain, terhadap alam, terhadap dirinya sendiri."

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel