10 Kue Kering Paling Populer Saat lebaran, Ada yang dari Belanda!
Kuliner
Lebaran 2019

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Biasanya, masyarakat akan menyajikan berbagai macam kue kering yang diperuntukkan bagi para tamu. Nah, apa saja sih kue kering yang sering ditemui saat lebaran? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Tanpa terasa bulan suci Ramadan akan segera berakhir dan sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Saat lebaran tiba, silaturahmi seolah menjadi momen wajib yang pantang dilewatkan bagi sebagian besar orang. Sehingga orang-orang biasanya akan saling berkunjung dari rumah ke rumah untuk sekedar mengobrol atau bertukar kabar.

Oleh sebab itu, setiap rumah biasanya akan menyediakan berbagai makanan ringan bagi para tamu. Salah satunya adalah kue kering, karena memiliki rasa lezat dan ringan, sehingga cocok untuk dinikmati saat mengobrol bersama.

Karena banyak diminati, kue kering bahkan seolah menjadi sajian yang wajib ada saat lebaran. Nah, berikut rekomendasi 10 kue kering yang bisa kalian sediakan di rumah pada saat lebaran.

(wk/eval)

1. Kue Kastengel yang Sudah Diperkenalkan Sejak Zaman Penjajahan Belanda


Kue Kastengel yang Sudah Diperkenalkan Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Kastengel merupakan salah satu kue kering yang paling populer saat lebaran, karena memiliki rasa gurih dan juga lezat. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin dan juga parutan keju. Kue ini biasanya berbentuk lonjong seperti stick atau batang dengan taburan parutan keju cheddar di atasnya.

Tapi, tahukah kalian jika kastengel sebenarnya berasal dari Belanda? Arti kata kastengel sendiri berasal dari bahasa Belanda, yakni "Kaas" yang artinya keju dan "Stengels" yang artinya batang. Kue ini diperkenalkan ke masyarakat Indonesia saat masa penjajahan Belanda.

2. Nastar, Salah Satu Primadona Kue Kering Saat Lebaran


Nastar, Salah Satu Primadona Kue Kering Saat Lebaran

Tak diragukan lagi, kue nastar memang jadi salah satu kue kering yang paling banyak diminati dan menjadi favorit banyak orang. Karena itu, kue yang identik dengan nanas ini seolah menjadi primadona sajian kue kering saat lebaran.

Kue nastar sendiri berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan mengkilap di permukaan atasnya. Kue ini memiliki cita rasa yang cukup unik, yaitu gurih, manis, sedikit asam dan lembut di mulut. Karena itu, jangan sampai tidak menyediakan kue ini di meja kalian saat lebaran ya.

3. Kue Putri Salju yang Lumer di Mulut Saat Dimakan


Kue Putri Salju yang Lumer di Mulut Saat Dimakan

Kue kering berikutnya yang wajib ada di meja kalian saat lebaran adalah kue putri salju. Sebab kue yang satu ini juga menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak.

Kue yang berbentuk bulan sabit berwarna putih ini memiliki cita rasa manis yang khas. Pasalnya, perpaduan antara gurihnya tekstur kue dengan manisnya taburan gula halus di atasnya membuat kue ini terasa melumer begitu masuk ke dalam mulut. Karena itu, kue putri salju hampir selalu ada di setiap rumah pada saat lebaran.

4. Kue Kacang yang Gurih Juga Punya Banyak Peminat Saat Lebaran


Kue Kacang yang Gurih Juga Punya Banyak Peminat Saat Lebaran

Kue kacang rasanya cocok bagi kalian yang tidak terlalu menyukai rasa manis. Terbuat dari tepung terigu, kacang tanah, dan margarin, kue ini kental dengan rasa kacangnya yang gurih.

Selain itu, rasa manis yang pas juga semakin menambah kelezatan kue ini. Kue kacang sendiri memiliki beragam bentuk, mulai dari berbentuk hati, bulan sabit, bulat atau bahkan kotak.

5. Jangan Lupa Sajikan Kue Lidah Kucing di Rumah Saat Lebaran Ya


Jangan Lupa Sajikan Kue Lidah Kucing di Rumah Saat Lebaran Ya

Dinamakan lidah kucing karena kue ini memiliki bentuk yang panjang dan tipis mirip dengan lidah kucing. Kue ini terbuat dari tepung terigu, putih telur dan juga gula halus. Karena itu, kue yang berasal dari Belanda ini memiliki rasa yang gurih, manis dan juga renyah. Beragam varian kue lidah kucing yang bisa kalian nikmati antara lain rasa original, cokelat hingga rainbow. Jadi, jangan lupa sajikan si kecil renyah ini di meja kalian saat lebaran ya.

6. Pastel Kering, Kue Tradisional yang Selalu Hadir Saat Lebaran


Pastel Kering, Kue Tradisional yang Selalu Hadir Saat Lebaran

Kue pastel kering menjadi salah satu sajian yang banyak dihadirkan saat lebaran. Bentuknya pun sama seperti pastel pada umumnya, namun ukurannya jauh lebih kecil dan mungil.

Selain itu, isi abon di dalamnya menjadikan kue ini memiliki cita rasa yang lezat dan juga gurih. Karena itu, jangan sampai kelewatan untuk menyajikan kue ini saat lebaran nanti ya.

7. Kue Semprit yang Cocok Disajikan Saat Lebaran


Kue Semprit yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

Rekomendasi kue kering berikutnya yang harus kalian perhatikan adalah kue semprit. Sebab kue kering satu ini juga menjadi salah satu favorit orang-orang saat hari raya tiba. Pasalnya, kue ini memiliki rasa gurih dan renyah yang cocok dijadikan camilan saat keluarga sedang berkumpul di hari raya.

Kue semprit sendiri memiliki bermacam-macam bentuk, seperti bunga, kotak hingga yang menyerupai angka 8. Selain disajikan polos, kue semprit juga memiliki beragam toping, seperti cokelat hingga selai.

8. Kue Sagu Keju yang Banyak Dijumpai Saat Lebaran


Kue Sagu Keju yang Banyak Dijumpai Saat Lebaran

Sesuai dengan namanya, kue ini menggunakan bahan dasar tepung sagu. Karena itu, kue ini memiliki tekstur yang berbeda dibanding dengan kue lainnya yang mayoritas terbuat dari tepung terigu. Memiliki bentuk bulat seperti bunga, kue ini hampir selalu ada di toples meja tamu saat lebaran.

Ciri khas dari kue ini adalah memiliki tekstur yang lembut di mulut, renyah dan juga manis. Selain itu, rasa keju dalam kue ini semakin menambah kelezatannya. Dan seperti halnya kue putri salju, kue ini juga akan lumer di mulut saat dimakan.

9. Kue Choco Chip yang Sangat Digemari Anak-Anak


Kue Choco Chip yang Sangat Digemari Anak-Anak

Nah, kue yang satu ini cocok kalian sajikan jika memiliki anak-anak maupun keponakan yang masih kecil. Karena kue ini memiliki bahan dasar cokelat dan kacang yang sangat disukai oleh anak-anak.

Bentuk kue ini seringkali tidak rapi, namun sensasi renyah dengan butiran cokelat serta kacang di dalamnya, membuat rasa kue ini sangat lezat. Karena itu, jangan sampai lupa menyajikan kue ini pada saat lebaran ya.

10. Kue Cornflake, Si Nikmat yang Berasal dari Keripik Jagung


Kue Cornflake, Si Nikmat yang Berasal dari Keripik Jagung

Rekomendasi kue kering terakhir yang wajib ada di meja kalian saat lebaran adalah kue Cornflake. Cornflake sendiri sebenarnya merupakan keripik jagung yang biasa dimakan dengan sereal. Karena itu, kue Cornflake memiliki tekstur renyah dan manis yang berasal dari perpaduan keripik jagung dengan adonan kue. Sehingga, ada banyak orang yang menggemari kue satu ini.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba rekomendasi berbagai makanan khas Timur Tengah berikut ini untuk menyemarakkan suasana lebaran. Dan jika kalian berkunjung ke Malang saat lebaran, ada baiknya untuk mencoba sejumlah kuliner legendaris ini.


You can share this post!