Kisah Gereja Katedral Siapkan Parkiran dan Tempat Wudhu Bagi Jemaah Salat Id Masjid Istiqlal
Nasional

Menurut Romo Gereja Katedral, Christoforus Kristiono Puspo, hal ini merupakan tradisi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun yang bertujuan untuk menjaga kekeluargaan.

WowKeren - Pada Hari Raya Idul Fitri 2019, Gereja Katedral Jakarta menyiapkan lahan parkir khusus serta ruang wudhu bagi jemaah salat Id di Masjid Istiqlal. Para relawan yang membantu mengatur parkir salat Id pun telah bersiap sejak Selasa (4/6) malam.

"Iya jadi kita sudah stand by ya. Bahkan dari semalam teman-teman yang bantu volunteer untuk petugas parkiran sudah siapkan semuanya sehingga stand by," tutur Romo Gereja Katedral, Christoforus Kristiono Puspo, pada Rabu (5/6). "Terus kemudian memang dipergunakan saudara saudari kita yang salat Idul Fitri pagi ini."

Bantuan ini bertujuan untuk menjaga kekeluargaan antar umat beragama. Pasalnya, menurut Kristiono, saling membantu memang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Motivasinya hidup berkeluarga sebenarnya, hidup bertetangga. Sekarang simple aja, kalau tetangga sebelah kita punya kerja, punya hajat, pesta hajat, masa kita diam, saya kira tidak," ujar Kristiono. "Saudara, sahabat, tetangga maka kita bantu siapkan juga apa yang bisa kita siapkan tentunya. Tempat parkir dan silakan kalau wudhu juga kita siapkan."


Kristiono tidak merasa khawatir kala menyediakan parkiran untuk para jemaah salat Id. Pasalnya, hal ini merupakan tradisi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

"Ini sudah dari dulu. Khawatir sih enggak, teman-teman santai dan senang juga. Karena gini, teman-teman Banser NU dan kita juga suka pakai Istiqlal untuk acara," jelas Kristiono. "Jadi ya keluarga tadi, toleransi, saling bantu. Kita enjoy, senang juga dengan persaudaraan ini."

Pada Hari Raya Idul Fitri ini, Kristiono berharap persaudaraan mereka dapat terus terjaga. "Saya mengajak kita semua dan teman-teman saudara muslim untuk mari sama-sama dengan hari yang fitri ini semakin membangun persaudaraan bersama. Semakin mempererat hubungan silaturahmi bersama. Sehingga dunia ini jadi tempat damai bersama," pungkas Kristiono.

Di sisi lain, sejumlah pejabat negara diketahui melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal, salah satunya adalah Presiden Joko Widodo sendiri. Selain itu, ada pula Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menkominfo Rudiantara.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait