Minta Jatah Menteri, Gubernur Bali Singgung Kemenangan Mutlak Jokowi
Nasional

Gubernur Bali I Wayan Koster menilai banyak sosok dari Pulau Dewata yang punya kompetensi untuk mendapat jatah kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

WowKeren - Fokus politik Indonesia sudah berganti. Tak lagi membahas kubu 01 dan 02, kali ini permasalahan Kabinet Kerja Jilid II yang akan membantu Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin lima tahun ke depan lebih banyak diperbincangkan.

Banyak partai politik yang mulai terang-terangan meminta jatah kursi di kabinet. Namun tak hanya Parpol, rupanya Gubernur Bali I Wayan Koster juga ikut meminta jatah.

Ditemui seusai rapat di DPRD Bali, Jalan Dr Kusuma Atmaja, Denpasar pada Rabu (17/7), Koster mengaku optimis bakal ada wakil dari Pulau Dewata duduk sebagai menteri Jokowi. Ia pun menyinggung soal perolehan kemenangan mutlak Jokowi di provinsi yang dipimpinnya itu.

"Percayalah ada (wakil Bali di kabinet)," kata Koster. "Yang menang mutlak masak nggak didapat? Yang kalah aja dapat."

Koster mengaku tengah menimbang sosok-sosok profesional yang layak duduk di kursi menteri. Sebagai ketua DPD PDI Perjuangan Bali, ia memastikan sosok yang dipilihnya memiliki kompetensi yang mumpuni.


"Kalau itu saya sedang melihat-lihat, di antara orang Bali ini yang memilki kompetensi profesional yang memadai untuk duduk di kabinet," ujarnya, dilansir oleh Detik News. "Tentu ini saya tidak dalam posisi untuk mengusulkan tapi hanya diberikan pertimbangan."

"Nanti intinya akan kami bicarakan juga dengan (partai)," imbuhnya. "Karena yang masuk itu nanti representasi dari partai (PDIP), orang partai atau berafiliasi dengan partai, profesional juga."

Koster mengaku tak mengincar posisi Menteri Pariwisata seperti yang diprediksi banyak pihak. Sebab, menurutnya, ia sedang mempertimbangkan kandidat dari berbagai latar belakang kemampuan.

"Tidak harus pariwisata. Sedang melihat dulu dari profesional (bidang lain)," ujarnya. "Mungkin ada yang di bidang budaya, pertanian, kesehatan, kan banyak ahlinya. Jadi jangan fokus pariwisata."

Namun Koster menyebut belum membahas soal kandidat menteri dari Bali dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Belum, tenang aja. Masih lama, masih tiga bulan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Jokowi-Ma'ruf meraih kemenangan telak di Pulau Dewata. Pasangan Calon (Paslon) 01 itu berhasil mendapatkan 2.351.057 suara atau 92 persen. Sementara Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendapatkan 213.415 suara atau delapan persen.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru