FPI Beri Tanggapan Soal Organisasinya Bisa Dilarang Karena Tak Sejalan dengan Pancasila
Nasional

Sebelumnya dalam wawancara dengan media asing Associated Press (AP), Presiden Joko Widodo menyebut sangat mungkin ormas FPI akan dilarang selama lima tahun ke depan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan bahwa ormas Front Pembela Islam (FPI) bisa saja dilarang jika tidak sejalan dengan ideologi. Saat ini, FPI sedang mengurus izin perpanjangan mengingat izin mereka sudah berakhir sejak Juni lalu.

FPI menanggapi hal ini. Juru Bicara FPI Munarman menyebut orang yang bicara pelarangan ormas adalah mereka yang tak mengerti hukum. "Itu yang ngomong-ngomong mau melarang dan masih juga bicara perpanjangan izin, orang nggak ngerti konstitusi dan nggak ngerti hukum," kata Munarman, Sabtu (27/7).

Sebab, negara sendiri telah menjamin kebebasan tiap-tiap warganya untuk berserikat dan berkumpul. Bahkan hal itu sudah diatur dalam undang-undang. Munarman juga menyinggung putusan Mahkamah Konstitusi terkait pendaftaran ormas yang sifatnya sukarela. Ia menegaskan tidak ada yang namanya ormas terlarang.

"Secara aturan hukum dalam UU Ormas, nggak ada nomenklatur izin, putusan MK Nomor 82 tahun 2013 juga, menyatakan pendaftaran adalah bersifat sukarela, tidak ada istilah izin ormas atau ormas terlarang," tegas Munarman. "Kalau masih ada yang menggaungkan izin ormas, maka kategori keterbelakangan intelektual dan kuasa gelap yang zalim itu. Suruh baca (putusan MK)."


Sebelumnya, Jokowi menyinggung kemungkinan dirinya akan melarang FPI dalam lima tahun ke depan. Hal itu disampaikan olehnya saat wawancara dengan Associated Press (AP).

"Jika pemerintah meninjau dari sudut pandang keamanan dan ideologi," kata Jokowi dilansir AP, Sabtu (27/7). "Menunjukkan bahwa mereka (FPI) tidak sejalan dengan bangsa."

Sementara itu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengatakan bahwa sebetulnya tidak ada batas waktu bagi ormas untuk mengajukan izin mereka. Oleh sebab itu, hal itu sepenuhnya menjadi keputusan FPI akankah memperpanjang izin mereka atau tidak.

"Ya nggak apa-apa. Ini kan tergantung mereka," kata Soedarmo beberapa waktu lalu. "Kan kalau mengajukan ini tak ada batasnya, sampai ada batas tertentu sebelum masanya habis. Kita tunggu aja."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru