Ribuan Jemaah Haji dan Santri Beri Penghormatan Terakhir Untuk Mbah Moen
Nasional

Jenazah pimpinan Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah ini rencananya disalatkan di Masjidil Haram. Setelah itu jenazah akan dikebumikan di Pemakaman Umum Jannatul Ma'la, Mekkah.

WowKeren - Diketahui KH Maimun Zubair atau Mbah Moen tutup usia di Mekkah, Arab Saudi, pada Selasa (6/8) pukul 04.17 waktu setempat. Kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) tersebut wafat di usia 90 tahun ketika tengah menunaikan ibadah haji.

Informasi terbaru menyebut almarhum akan dikebumikan di Mekkah. Alhasil seluruh rangkaian proses pemakaman dilakukan di tanah suci. Dilansir dari akun Twitter resmi Kementerian Agama (Kemenag), @Kemenag_RI, diketahui jenazah almarhum saat ini sedang diberangkatkan ke Masjidil Haram untuk disalatkan.

"Ribuan pelayat lepas keberangkatan Almarhum Mbah Moen Zubair dari Kantor Daker Makkah menuju Masjidil Haram," tulis Kemenag, Selasa (6/8) sekitar pukul 15.18 WIB. "Taghammadahum Allahu birahmatihi. Aamiin."

Ribuan Jemaah Haji dan Santri Beri Penghormatan Terakhir Untuk Mbah Moen

Twitter

Sebelumnya, proses pemberangkatan jenazah sang kiai menuju Masjidil Haram pun diramaikan oleh ribuan pelayat. Mulai dari jemaah dan petugas haji, hingga santri Mbah Moen terpantau memberikan penghormatan terakhir kepada beliau.


"Tiba di KUHI Makkah, jenazah Alm. Kh. Maimoen Zubair disambut ratusan santri dan petugas haji Indonesia," ujar Kemenag. "Jenazah akan disemayamkan di sini, sebelum dibawa ke Masjidil Haram untuk dishalatkan."

"Jemaah haji, santri maupun mukimin yg melayat bergantian masuk ke ruangan tempat almarhum Kyai Maimoen Zubair disemayamkan," imbuhnya. "'Kita atur agar masuk gantian, agar di dalam tidak padat, dan semua berkesempatan beri penghormatan terakhir,' kata Kadaker Makkah Subhan Cholid."

Ribuan Jemaah Haji dan Santri Beri Penghormatan Terakhir Untuk Mbah Moen

Twitter

Sejumlah pejabat tinggi nasional pun terlihat dalam pelepasan jenazah tersebut. Mereka adalah Menag Lukman Hakim Saifuddin, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, pimpinan DPR RI, dan Duta Besar Arab Saudi.

"Jelang pelepasan jenazah Almarhum Mbah Moen Zubair di kantor Daker Makkah. Jenazah akan dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatjenazahkan. Lalu dimakamkan di Ma'la," tulis Kemenag. "Hadir, Menag @lukmansaifuddin, Ketua MPR, pimpinan DPR, Dubes Saudi, dan jemaah yg memadati Daker Makkah."

Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi terkait jadwal pasti pemakaman almarhum. Namun dipastikan jenazah akan dikebumikan di Pemakaman Umum Jannatul Ma'la, Mekkah, Arab Saudi. Pihak keluarga pun mengaku rela bila jenazah sang kiai dikebumikan di tanah suci.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru