Malaysia Siap Laporkan Indonesia ke FIFA Akibat Kericuhan Pasca Pertandingan
Instagram/syedsaddiq
Dunia

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dikabarkan siap melaporkan tindakan anarkis pendukung Indonesia ke FIFA. Hal ini dilakukan akibat pecahnya kerusuhan pasca pertandingan pada Kamis (5/9).

WowKeren - Kerusuhan pasca pertandingan olahraga, khususnya sepak bola, barangkali bukan hal baru di Indonesia. Peristiwa ini pun kembali terjadi pada Kamis (5/9) usai pertandingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, diketahui Tim Nasional Indonesia bertanding melawan Harimau Malaya, Malaysia. Hasil akhirnya, tim Garuda dikalahkan oleh Malaysia dengan poin 2-3.

Menanggapi hasil tersebut, ada sejumlah oknum suporter Indonesia yang rupanya tidak bisa menerima. Mereka pun nekat turun ke lapangan dan berusaha menghampiri serta menyerang pendukung Malaysia.

Berbagai barang pun terlihat dilemparkan oleh pendukung tim Garuda ke tribun Malaysia. Alhasil ratusan pendukung Malaysia harus tertahan di lokasi hingga Jumat (6/9) dini hari.

Aksi anarkis ini rupanya turut disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq. Merasa kecewa atas sikap anarkis pendukung Indonesia, menteri berusia 26 tahun itu mengaku siap melaporkannya ke FIFA. Pelaporan ini akan diajukan secara resmi oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).


"Tadi saya bersama pendukung Harimau Malaya menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Karno. Besi, botol, suar dilempar ke arah kami beberapa kali," tulis Saddiq dalam unggahan teranyar di Instagram-nya. "Ada juga pendukung Indonesia yang coba masuk ke tribune Malaysia dan pertandingan terpaksa dihentikan seketika."

"Saya mendapat kabar dari FAM bahwa mereka akan membuat laporan resmi kepada FIFA. Saya juga akan membuat laporan resmi ke pemerintah Indonesia dan rekan sejawat," imbuhnya. "Tindakan kekerasan tidak dibenarkan dalam bentuk apapun. Keselamatan pemain dan pendukung Malaysia adalah prioritas saya."

Kerusuhan yang menuai sorotan Saddiq ini pun ikut membuat Menpora Indonesia, Imam Nahrawi turun tangan. Dikabarkan Imam akan menemui Saddiq dan meminta maaf secara langsung.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui kapan pertemuan keduanya akan digelar. Namun pertemuan ini rencananya dilakukan di salah satu hotel di sekitar GBK, Senayan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts