Sandiaga Uno Ngaku Tak Pernah Mundur Dari Gerindra dan Masih Pegang Kartu Anggota
Nasional

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat mengklaim bahwa Sandiaga Uno sudah mundur dari partainya kala maju menjadi Cawapres dalam Pilpres 2019.

WowKeren - Status keanggotaan partai Sandiaga Uno memang cukup membuat penasaran. Sandiaga bahkan sempat diisukan merapat ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, Sandiaga sendiri rupanya mengklaim dirinya tak pernah mundur dari keanggotaan Partai Gerindra usai mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut bahkan mengklaim masih memiliki kartu tanda anggota (KTA) Gerindra hingga saat ini.

"Ternyata kalau kita lihat, saya enggak ada, apa, enggak ada prosesi untuk mencabut KTA saya," tutur Sandiaga dilansir CNN Indonesia pada Jumat (6/9). "Dulu enggak terjadi."

Saat ditanya kembali apakah selama ini dirinya masih resmi menjadi kader Gerindra, Sandiaga hanya menjawab singkat. "Ya," jawab Sandiaga.


Menurut Sandiaga, dirinya adalah kader non-aktif Partai Gerindra selama Pilpres 2019. Sandiaga mengaku hanya melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra saja.

Alasan Sandiaga melepaskan jabatan tersebut adalah agar dirinya bisa menjadi "milik" semua partai pengusung paslon nomor urut 02. Sandiaga juga mengaku hanya berkampanye dengan partai koalisi selain Gerindra, namun proses pencabutan KTA miliknya tidak terjadi.

"Pada saat itu kita melihat salah satu netralitas dan saya sudah melakukan itu kan. Saya berkampanye hanya dengan PAN, Demokrat sama PKS," jelas Sandiaga. "Dan Alhamdulillah, hasilnya sudah cukup. Tapi ternyata kalau kita lihat, saya enggak, enggak ada prosesi untuk nyabut KTA saya. Itu enggak terjadi gitu."

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat mengklaim bahwa Cawapresnya itu sudah mundur dari partainya kala mendeklarasikan maju Pilpres 2019. Prabowo kala itu menyebut bahwa Sandiaga harus mundur sebagai kader agar bisa diterima oleh parpol koalisi pendukung.

"Beliau harus diterima partai-partai lain. Saya meminta beliau mundur dari Gerindra. Padahal, beliau sudah meniti karier di Gerindra cukup lama. Sekarang Wakil Ketua Dewan Pembina," ujar Prabowo pada 9 Agustus 2018 silam. "Saya meminta saudara Sandiaga Uno untuk mundur dari Partai Gerindra agar diterima sebagai calon independen."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts