'Dark Phoenix' Disebut Jadi Penyebab Utama Spider-Man Ditendang dari MCU, Kok Bisa?
Film

Pihak Sony menyebut bahwa alasan Kevin Feige selaku Bos Marvel Studios sengaja melepas karakter Spider-Man disebabkan adanya banyak superhero baru yang masuk dalam lingkup MCU.

WowKeren - Kerja sama Marvel Studios dan Sony Pictures Entertainment telah resmi berakhir. Akibat hal ini, karakter Spider-Man pun akhirnya ditarik dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan kembali ke Sony Spider-Verse.

Para penggemar pun tak ayal memberikan protes keras atas kabar ini. Sebagian besar tentunya tak rela jika karakter Spider-Man maupun aktor yang memerankannya, Tom Holland, harus angkat kaki dari MCU.

Akar dari permasalahan ini lantaran Sony dan Marvel yang gagal mencapai kesepakatan atas kontrak baru terkait kelangsungan karakter Spider-Man di MCU. Dalam keterangan resmi Sony pada bulan Agustus lalu mereka mengklaim bahwa keputusan ini merupakan permintaan pihak Disney secara langsung yang ingin mengakhiri kerja sama dengan mereka.

Pihak Sony menyebut bahwa alasan Kevin Feige selaku Bos Marvel Studios sengaja melepas karakter Spider-Man mungkin disebabkan adanya banyak superhero baru yang masuk dalam lingkup MCU. Seperti yang diketahui, Marvel kini juga membawahi para superhero milik Fox usai rampungnya proses akuisisi pada bulan Maret lalu.


Usut punya usut, petinggi Disney memang meminta Kevin untuk lebih fokus pada para superhero baru, terutama menilik dari gagalnya "Dark Phoenix" yang menjadi film X-Men paling rugi. Seorang sumber mengatakan bahwa wakil direktur Alan Bergman memaksa Kevin untuk mengakhiri kerja sama dengan Sony setelah "Dark Phoenix" gagal di box office. Alan disebut-sebut meminta agar Kevin fokus pada aset superhero milik mereka sendiri dibandingkan masih mengurusi Spider-Man yang jelas-jelas lisensinya dipegang oleh Sony.

Belum lagi masalah kecilnya keuntungan yang mereka dapat jika misalnya masih bekerja sama dengan Sony. Diketahui, Marvel memang hanya mendapatkan 5 persen dari pendapatan kotor setiap film Spider-Man, namun masih mendapat seluruh laba penjualan merchandise si manusia laba-laba.

Hanya saja. belakangan ini terungkap bahwa Disney dan Marvel meminta pembagian yang lebih besar yakni 50 persen keuntungan penjualan film. Mereka juga mengajukan untuk membiayai separuh dari biaya produksi seri lanjutan "Spider-Man: Far From Home" di masa mendatang. Namun gagasan tersebut langsung ditolak mentah-mentah oleh Sony.

Alhasil, kontrak mereka pun akhirnya berakhir lantaran kedua studio tidak menemukan kesepakatan. Bahkan CEO sekaligus Chairman Sony Pictures, Tony Vinciquerra, mengatakan bahwa si Peter Parker tak akan kembali ke MCU.

Tony Vinciquerra mengklaim bahwa saat ini Sony sudah menutup pintu kerja sama dengan Marvel dan Disney. "Untuk sementara pintu sudah tertutup," tegasnya. "Spider-Man baik-baik saja sebelumnya, dan sekarang kita memiliki semesta kita sendiri, dia akan memainkan karakter lain juga. Aku pikir kita cukup mampu melakukan apa yang harus kita lakukan di sini."

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts