Akes Internet Papua Sudah Dinyalakan, SAFEnet: Masih Ada 11 Wilayah 'Digelapkan' Kominfo
Nasional
Demo Rasisme Papua

Pada Rabu (4/9) lalu Kemenkominfo mengumumkan akan melakukan pembukaan blokir akses internet di Papua dan Papua Barat secara bertahap. Sayangnya, hingga Minggu (8/9) SAFEnet masih menemukan 11 kabupaten/kota yang masih dimatikan akses internetnya.

WowKeren - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan akan membuka akses internet di di 19 kabupaten Provinsi Papua dan 10 kabupaten Provinsi Papua Barat secara bertahap. Pembukaan blokir internet tersebut telah dilakukan sejak Rabu (4/9) malam sekitar pukul 23.00 WIT atau pukul 21.00 WIB.

Sayangnya, hingga Minggu (8/9) nyatanya masih ada 11 kabupaten atau kota di Papua dan Papua Barat yang akses internetnya belum dibuka. Hal ini diketahui dari cuitan Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) Damar Juniarto di Twitter.


Dalam unggahan Damar tersebut, 11 kabupaten yang jaringan internet masih belum dipulihkan oleh Kemenkominfo terdiri dari Sorong, Manokwari, Kabupaten Sorong, Biak Numfor, Jayapura, Deiyai, Pinai, Mimika, Yahukimo, Jayawijaya, dan Pegunungan Bintang.

Cuitan Damar

Twitter

Terkait 11 kabupaten yang akses internetnya masih dimatikan tersebut, Kemenkominfo masih belum mengeluarkan pernyataannya. Namun, pada Jumat (6/9) lalu Kemenkominfo menyatakan telah membuka akses internet di wilayah Kabupaten Nabire dan Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua pada pukul 22.30 WIT.

Diketahui, hingga kini total sudah ada 21 kabupaten di Provinsi Papua telah kembali dapat mengakses internet. Setelah sebelumnya blokir akses internet di 19 kabupaten lain telah dibuka pada Rabu (4/9) lalu.

"Mulai Rabu (4/9) pukul 23.00 WIT, pemerintah secara bertahap mulai membuka blokir atas layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat," kata Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan resminya, dilansir CNNIndonesia, Rabu (4/9) lalu.

19 kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Kabupaten Sarmi.

Sementara untuk delapan kabupaten lain di Provinsi Papua dan 3 lainnya di Papua Barat masih belum dibuka. Pihak Kemenkominfo mengatakan masih akan memantau perkembangan situasi yang terjadi.

Delapan kabupaten di Provinsi Papua itu adalah Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, dan Yahukimo. Di Provinsi Papua Barat, tiga kabupaten dan kota yang belum dibuka akses internetnya adalah Kota Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts