Menperin Soal Menteri Jokowi Gunakan Mobil Esemka: Mau Pakai Pikap?
Instagram/airlanggahartarto
Nasional
Peluncuran Mobil Esemka

Kedua mobil Esemka yang diresmikan oleh Joko Widodo adalah berjenis pengangkut barang atau pikap sehingga dinilai belum sesuai untuk digunakan sebagai kendaraan dinas.

WowKeren - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi telah secara resmi meluncurkan mobil Esemka belum lama ini. Mobil berjenis Bima versi 1.2 dan 1.3 tersebut merupakan produk PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

Kedua mobil tersebut bukan mobil penumpang, namun lebih ke tipe pengangkut barang. Adapun harga yang dibanderol sekitar Rp 110 juta sampai Rp 150 juta.


Terkait peluncuran mobil Esemka ini, ada sejumlah pihak yang menyarankan agar para menteri Jokowi memakai Esemka sebagai kendaraan dinas. Hal ini dinilai tidak sesuai sebab mobil Esemka sendiri merupakan mobil berjenis pikap. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Ya kan baru produksi mobil pikap," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Selasa (10/9). "Mobil menteri mobil apa? pikap? Menterinya pikap semua, barangnya apa?"

Namun, ketika nanti di untuk ke depannya Esemka mulai memproduksi tipe sport utility vehicle (SUV), maka usulan tersebut tidak akan menjadi masalah. "Kan sudah dibuat prototipe SUV," lanjut Airlangga.

Sebelumnya, anggota Ombudsman RI Alvin Lie mengatakan bahwa dirinya mendukung Jokowi untuk mendorong pengembangan industri otomotif. Ia sangat setuju dengan pernyataan Jokowi yang mewajibkan membeli dan menggunakan produk lokal seperti mobil Esemka.

"Sangat sepakat dengan himbauan Presiden @jokowi Kalau sampai mobil dinas kabinet pakai mobil selain mobil Esemka ya kebangetan," tulis Alvin di Twitter, Sabtu (7/9). "Ayo, pakai mobil Esemka sbg Mobil Dinas para menteri kabinet 2019-2024.

Usulan senada juga pernah disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Fadli menyarankan agar Jokowi mau menggunakan mobil Esemka. Hal itu menanggapi peristiwa mogoknya mobil presiden saat tengah melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat.

"Ya kalau gitu Pak Jokowi seperti yang saya bilang waktu itu juga, ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan," kata Fadli di Gedung Senayan, Jumat (6/9). "Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts