Fadli Zon Sarankan Jokowi Ganti Mobil Dinas yang Kerap Mogok dengan Esemka
Nasional

Saat melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat, mobil Mercedes-Benz S600 yang ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi sempat mengalami mogok.

WowKeren - Ketika melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada Kamis (5/9), mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 yang ditumpangi Joko Widodo alias Jokowi tiba-tiba mogok. Terkait hal ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberikan saran.

"Ya kalau gitu Pak Jokowi seperti yang saya bilang waktu itu juga, ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan," kata Fadli di Gedung Senayan, Jumat (6/9). "Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi."

Tak hanya untuk Jokowi, Fadli menyarankan agar mobil Esemka dijadikan sebagai kendaraan dinas para jajaran menteri. Seperti diketahui sebelumnya, jajaran menteri Jokowi akan mendapatkan mobil dinas baru, meskipun rencana ini menuai banyak kontroversi. "Esemka aja lah," ujar Fadli.


Tak hanya itu, Fadli juga mengomentari mobil Esemka itu sendiri. Ia mengaku bahwa dirinya mendapat informasi jika komponen mobil Esemka bukan berasal dari Indonesia. Oleh sebab itu, ia meminta agar pihak Esemka bisa bersifat lebih transparan.

"Saya dengar banyak partikel komponennya itu bukan komponen lokal," lanjut Fadli. "Nah itu harus terbukalah transparan. Tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas."

Sebab, bisa saja komponen-komponen tersebut didatangkan dari luar negeri lalu hanya dirakit di Indonesia. "Siapa tahu ini mobil dari China sana dibikin di Indonesia, dirakit kan, siapa tahu gitu. Kalau gitu mah semua orang juga bisa," tegas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Mobil Esemka telah diluncurkan ke publik hari ini. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Jokowi. Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya, menegaskan, Esemka murni perusahaan swasta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait