Fadli Zon Soroti Rencana Jokowi: Memangnya Masyarakat Papua Butuh Istana?
Nasional

Rencana Presiden Joko Widodo untuk membangun istana kepresidenan di Papua menuai pro kontra. Pembangunan istana di sana dinilai belum memiliki urgensi.

WowKeren - Rencana Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk membangun istana kepresidenan di Papua menuai pro kontra. Salah satunya datang dari Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Fadli menilai bahwa rencana pembangunan istana di Papua perlu dipertimbangkan lagi. Sebab menurutnya, membangun istana di Bumi Cenderawasih bukanlah solusi yang tepat untuk menangani solusi yang sedang berkecamuk di sana. Ia menyarankan Jokowi untuk menanyakan langsung kepada rakyat Papua untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat di sana.


"Menurut saya itu bukan solusi ya" kata Fadli di gedung DPR, Rabu (11/9). "Tanyalah kepada masyarakat apa yang dibutuhkan memangnya masyarakat Papua butuh istana?"

Hal senada sebelumnya pernah diutarakan oleh Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto. Menurutnya, membangun istana di papua belum memiliki urgensi. Sebab, yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua saat ini adalah ketersediaan layanan kesehatan dan pendidikan.

"Kalau menurut saya yang paling penting di Papua ya sarana dasar," kata Eko dilansir dari Detik, Rabu (11/9). "Kesehatan dan pendidikan."

Alih-alih membangun istana, pemerintah dinilai lebih baik membangun fasilitas yang bisa berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu mengingat tingkat kemiskinan di Papua yang masih cukup tinggi.

Sementara itu, Wakil Ketua PDR RI Fahri Hamzah justru menyambut baik rencana Jokowi tersebut. Menurutnya, pembangunan istana kepresidenan di Papua bisa merepresentasikan kehadiran negara di Bumi Cenderawasih.

"Papua sangat penting sekali ada kehadiran fisik," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9). "Jadi dengan dibukanya Istana di Papua itu ya, menurut saya itu kehadiran simbolik yang baik sekali, bagus sekali."

Adapun rencana untuk membangun istana di Papua bergulir ketika Jokowi menanggapi aspirasi dari para tokoh Papua di Istana Negara, (10/9). "Mulai tahun depan Istananya mulai dibangun," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan 61 tokoh Papua yang hadir.

You can share this post!

Related Posts
Loading...