Kalian Pencinta Kuliner Jadul? Wajib Banget Cobain 9 Es Krim Legendaris di Indonesia Berikut
Kuliner

Selain bisa membangkitkan kenangan masa lalu, citarasa es krim zaman dahulu ternyata memiliki rasa klasik yang tak dimiliki oleh kedai es krim kekinian.

WowKeren - Es krim merupakan salah satu jenis makanan yang digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa gemar menikmati kuliner yang segar satu ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak tempat makan es krim legendaris. Es krim aneka rasa ini disajikan dengan gaya klasik plus interior bangunan zaman dulu.

Inovasi yang terus meningkat membuat banyak sajian es krim dengan citarasa beragam hadir meramaikan tren kuliner. Meski kedai es krim kekinian mulai banyak beredar, namun rupanya kedai es krim legendaris masih sering diincar oleh penikmat es krim Tanah Air.

Selain bisa membangkitkan kenangan masa lalu, citarasa es krim zaman dahulu ternyata memiliki rasa klasik yang tak dimiliki oleh kedai es krim kekinian. Penasaran di mana saja tempat makan es krim legendaris di Indonesia? Berikut tim WowKeren rangkum 9 kuliner es krim legendaris. Yuk di simak!

(wk/putr)

1. Ragusa Merupakan Tempat Makan Es Krim Legendaris Di Jakarta


Ragusa Merupakan Tempat Makan Es Krim Legendaris Di Jakarta

Bagi warga Jakarta tentu enggak asing dengan kedai es krim yang satu ini. Ragusa adalah toko es krim legendaris yang sudah dibangun sejak tahun 1932 dan didirikan oleh dua saudara asal Italia, Vincenzo Ragusa dan Luigie Ragusa. Kedai ini dulunya berada di sekitar Pasar Gambir, namun sekarang Kedai es krim legendaris ini bisa traveler temukan di daerah Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Keunikan es krim Ragusa adalah es krim yang dijual merupakan buatan tangan dan bukan pesanan dari pabrik atau sejenisnya. Harganya pun relatif murah dan memiliki beragam varian rasa dan bentuk. Salah satu menu andalan mereka adalah es krim spagetti yang memiliki bentuk unik seperti masakan Italia tersebut.

2. Wajib Banget Mampir ke Zangrandi Yang Melegenda Di Surabaya


Wajib Banget Mampir ke Zangrandi Yang Melegenda Di Surabaya

Es krim Zangrandi menjadi salah satu es krim legendaris yang berada di Surabaya tepatnya di Jalan Yos Sudarso. kedai ini didirikan oleh Renato Zangrandi, pria berkebangsaan Italia ini membuka gerai es krim pada tahun 1930. Lokasinya berada di tengah kota atau tepatnya seberang Balai Pemuda dan dulunya merupakan tempat kaum sosialita Belanda berdansa dan berpesta.

Masih mengedepankan unsur klasik bangunannya, Zangrandi punya menu es krim dengan varian yang unik. Ada Copacabana, Tropical Fruit, Banana Split hingga es krim dengan paduan waffle. Seporsi es krim juga bisa disajikan dengan taburan kacang tumbuk, saus cokelat dan ceri. Meskipun tempatnya jadul, tapi menu yang ditawarkan sangat beragam dan cocok jadi tempat berkumpul keluarga loh.

3. Toko Oen di Semarang Juga Menjadi Tempat Favorit Bagi Pencinta Es Krim


Toko Oen di Semarang Juga Menjadi Tempat Favorit Bagi Pencinta Es Krim

Toko Oen pertama kali didirikan sekitar tahun 1910 di Yogyakarta, namun sekitar tahun 1930-an, toko ini pindah ke Semarang dan membuka cabang di Malang. Tak hanya suasananya yang jadul tapi para pelayannya juga mengenakan pakaian tempo dulu dan klasik. Toko ini menyajikan es krim yang lembut dengan gaya dan rasa autentik.

Pertama kali didirikan, Toko Oen memang menjadi tempat sosialita kaum bangsawan belanda berkumpul. Tidak hanya sajikan menu es krim sebagai menu utama, ada juga menu makanan dan minuman ala Barat, oriental dan Indonesia. Toko Oen Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 52, Semarang. Dan di Malang bisa mampir ke Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5 Kota Malang. intip juga toko roti legendari sdi Indonesia di sini.

4. Jangan Lupa Untuk Mampir Ke Tip Top Di Medan


Jangan Lupa Untuk Mampir Ke Tip Top Di Medan

Tip Top merupakan Kedai es krim legendaris yang didirikan pada 1929 dengan nama awal Jangkie. Tapi di tahun 1936, kedai es krim ini berganti nama menjadi Tip Top. Produk andalan es krim Tip Top yakni es krim home made khas Indonesia yang menggunakan resep turun temurun.

Kedai es krim ini berada di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 92, Medan Barat, Sumatera Utara kalian bisa menikmati es krim dengan varian rasa klasik seperti vanilla, cokelat, tutty frutti hingga Ystaart, Moorkop hingga Donauwellen Ice. Sajian es krim yang dinikmati di gerai ini bisa membuat kalian bernostalgia di suasana tahun 30-an di Medan loh.

5. Kedai Es Krim Tjan Njan Salah Satu Es Krim Yang Enggak Boleh Dilewatkan Di Jakarta


Kedai Es Krim Tjan Njan Salah Satu Es Krim  Yang Enggak Boleh Dilewatkan Di Jakarta

Es krim berikutnya yang enggak kalah legendaris di Jakarta adalah Ice Cream Tjanang dengan plakat bertuliskan Tjan Njan. Kedai es yang berada di Jalan Cikini IV ini buka pertama kali pada tahun 1951. Meski sempat tutup, tapi es krim tjanang tetap bertahan.

Saat mampir ke sini, cobalah untuk mencoba es krim rasa kopyor dan durian. Menu tersebut merupakan es krim andalan yang difavoritkan sejak dulu. Bahkan presiden pertama Indonesia hingga Keluarga Cendana memfavoritkannya loh.

6. Mampir Juga Baltic Yang Es Krimnya Enggak Kalah Legendaris


Mampir Juga Baltic Yang Es Krimnya Enggak Kalah Legendaris

Satu lagi tempat yang menyajikan es segar yang pastinya bikin ketagihan. Namanya Baltic Ice Cream yang berada di Jalan Kramat Raya No12, Kwitang, Jakarta Pusat. Kedai es krim legendaris di Jakarta ini didirikan bahkan sebelum Indonesia merdeka yakni pada tahun 1939.

Kedai ini dulunya pelanggan kedai ini hanya orang kelas ekonomi menengah ke atas. Namun, beragam varian es krim seperti vanilla oreo, greentea, nougat, rum raisin ice cream kini juga bisa dinikmati semua kalangan. Menariknya, kedai ini sekarang juga banyak mengeluarkan varian baru yang siap menggoyang lidah kalian.

7. Kedai Es Krim Domino di Jember Yang Kelezatan Es Krimnya Sudah Melegenda


Kedai Es Krim Domino di Jember Yang Kelezatan Es Krimnya Sudah Melegenda

Kedai es krim Domino yang berada di Jember ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1959. Terletak di Jalan Trunojoyo No.40, toko es krim legendaris ini dikelola oleh seorang bapak bernama Torus Tri Sanghana yang bernama asli Tee San Hiong.

Menariknya, kedai es krim milik Torus ini pernah mendapatkan penghargaan dari Walikota Jember berkat kualitas es krim buatannya pada tahun 1990. Selain itu, yang membuat kedai es krim ini terus bertahan dan eksis adalah bahan pembuat es krimnya asli dan tidak menggunakan bahan pengawet.

8. Toko Es Krim Angi Merupakan Salah Satu Toko Es Krim Legendaris di Pontianak


Toko Es Krim Angi Merupakan Salah Satu Toko Es Krim Legendaris di Pontianak

Di Pontianak, ada satu Kedai es krim legendaris yang sudah ada sejak tahun 63 tahun yang lalu. Meski awalnya dikenal dengan nama Es Krim Angi, tetapi kedai es krim di Pontianak ini terkenal dengan nama Es Krim Petrus karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi SMP-SMA Petrus.

Bisa dibilang toko es krim Angi merupakan gerai es krim paling legendaris di kawasan Pontianak, Kalimantan Barat. Alamat lengkap kedai ini adalah Jalan KS Tubuh, Pontianak. Ada beragam rasa es krim yang ditawarkan di sini yakni stoberi, cempedak, vanilla, durian hingga nangka. Intip juga yuk kuliner legendaris di Bandung di sini.

9. Gerai Es Krim Tentrem di Solo Juga Wajib Banget Dikunjungi


Gerai Es Krim Tentrem di Solo Juga Wajib Banget Dikunjungi

Gerai es krim jadul ini bisa kalian temukan di Solo, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1952, gerai es krim legendaris ini membuat es krim dengan bahan-bahan alami dan berkualitas. Selain bisa mencicip banana split, kalian juga bisa menikmati es krim dengan rasa tutti fruity, es krim tempeng sari, es pelangi hingga Mr. Clown.

Harga es krim di sini tergolong murah, seporsinya hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 10 ribuan saja. Es Krim Tentrem ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi tepat di perempatan Pasar Ngarsopuro. Selain rasanya yang enak, es krim juga disajikan dengan wafer cokelat, wafer stick hingga rice choco.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel