8 Kuliner Legendaris nan Jadul di Bandung yang Wajib Dicoba, Bikin Nostalgia Masa Lalu!
Kuliner

Selain terkenal dengan tempat wisata yang keren abis, kuliner di Bandung pun enggak bakal mengecewakan kalian. Berikut 8 kuliner legendaris di Kota Kembang yang bikin kalian nostalgia. Ayo simak di sini!

WowKeren - Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Kalian pasti udah enggak asing dengan Forest Walk, Dago Dream Park, Alun-Alun Bandung, Kota Tua dan lainnya yang menjadi wisata hits di kota ini.

Tak cuman wisatanya yang menarik perhatian, kuliner di Bandung pun tak pernah mengecewakan. Kalian wajib mencoba cireng, kue cubit, seblak dan tahu bulat khas Bandung. Simak 7 jajanan khas Bandung yang wajib kalian coba di sini.


Selain jajanan, Bandung pun memiliki rumah makan atau sekedar tempat ngopi yang sudah legendaris banget. Banyak dari mereka yang sudah didirikan sejak puluhan tahun dan masih memiliki banyak pelanggan setia hingga saat ini. Tempat makan tersebut pun enggak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Bandung.

Berikut 8 kuliner legendaris di Bandung. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Kunjungi Mie Naripan di Bandung


Kunjungi Mie Naripan di Bandung

Kuliner pertama yang enggak boleh kalian lewatkan adalah Mie Naripan. Rumah makan yang berdiri sejak 1965 menggunakan resep mie yamin turun temurun yang menarik hati para pelanggannya. Tempatnya memang enggak besar, tapi jangan khawatir soal rasanya.

Desain bangunan Mie Naripan bakal bikin kalian terasa kembali ke masa lalu. Kesan "tua" di bangunannya masih dipertahankan hingga saat ini. Makan di Mie Naripan, kalian dapat melihat langsung pembuatan hidangan yang dipesan lantaran rumah makan ini berkonsep open kitchen.

Menu di Mie Naripan enggak cuman mie yamin, kok. Banyak menu lain, seperti bakso, nasi goreng, bihun yahun, bubur ayam dan nasi dengan lauk. Mie Naripan juga mengikuti perkembangan zaman, lho. Kalian bisa memesan menu mie yamin dengan taburan keju yang lezat. Jika berniat makan di sini, kalian juga harus siap untuk mengantre, ya. Pasalnya, tempat makan ini tidak pernah sepi.

2. Braga Permai yang Berdiri Sejak 1918


Braga Permai yang Berdiri Sejak 1918

Tempat kuliner selanjutnya adalah Braga Permai. Rumah makan ini sudah berdiri sejak 1981, lho. Zaman dahulu, rumah makan terbilang elit ini bernama Maison Bogarijen. Nah, buat yang pengen merasakan sensasi makan tempo dulu bisa berkunjung ke sini.

Kalian akan disuguhi nuansa klasik dari zaman lalu dengan rak-rak kayu yang masih terawat. Pengaturan beberapa meja makan pun lengkap dengan taplak warna merah yang khas. Bahkan, menu-menu makanannya ditulis dengan menggunakan istilah berbahasa Perancis. Namun menunya beragam banget, mulai dari menu Italia, masakan Tionghoa, Western dan juga makanan lokal.

Jika berkunjung ke Braga Permai, kalian mungkin dapat memesan beberapa makanan populer seperti ntbijkoek, booterstaf, ananas gebak dan almond speculaas. Selain itu ada Bebek saus jamur, beef fondue, sampai sirloin steak yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

3. Nikmati Suasana Tempo Dulu Sumber Hidangan


Nikmati Suasana Tempo Dulu Sumber Hidangan

Pengen nongki-nongki cantik makan roti dan ngopi? Toko Roti dan Es Krim Sumber Hidangan mungkin bakal jadi lokasi yang pas. Bekunjung ke sini, kalian akan melihat betapa tua dan estetiknya tempat makan tersebut. Pas banget buat mengisi feed Instagram kalian.

Tak hanya bangunan masih dipertahankan keasliannya, etalase roti, kursi serta dekorasi zaman dulu lainnya di pamerkan di Sumber Hidangan. Mereka seolah tak berminta "mempercantik" diri. Bangunanya dibiarkan kusam, namun tetap kokoh dengan langit-langit tinggi dan pintu menjulang khas zaman Belanda dulu.

Meski tampak jadul, Sumber Hidangan menyajikan berbagai jenis kue dan roti yang cukup modern. Kalian pun dapat menikmati es krim berbagai rasa dengan topping pilihan yang kalian ingin kan. Beberapa menu es krim juga diracik dengan rum (alkohol). Menu lain seperti kopi juga bisa kalian nikmati.

4. Tizi Cake Shop & Restaurant, Kafe Legendaris di Bandung


Tizi Cake Shop & Restaurant, Kafe Legendaris di Bandung

Tizi Cake Shop & Restaurant tidak boleh kalian lupakan saat berkunjung ke Bandung. Kafe yang sudah ada sejak 1974 ini cocok buat kalian yang ingin merasakan menu makanan ikonik dengan rasa otentik yang terjaga hingga kini. Kafe ini sangat nyaman dengan memiliki area indoor dan outdoor.

Interiornya menggunakan perabotan vintage, seperti lampu dengan tutup kain putih dan penggunaan kursi rotan. Kalian juga dapat memanfaatkan banyak spot keren untuk berfoto. Urusan menu makan pun sangat beragam, mulai dari pizza, schaschlik, steak, serta berbagai roti dan kue jaman dulu, yaitu rhum truffle, kaseroll, apfel struddle dan lainnya.

5. Toko You, Tempat Makan yang Jadul dan Legendaris


Toko You, Tempat Makan yang Jadul dan Legendaris

Toko You merupakan rumah makan yang sudah ada sejak 1947. Tempak makan ini bernuansa klasik dengan gerbang kayu bertuliskan "12" di bagian depannya. Kalian akan merasakan nuansa sejuk jika menginjakkan kaki di Toko You.

Pada bagian depannya, kalian akan melihat etalase berbagai roti yang enak. Perlu kalian tahu, mulanya toko ini hanya menjual roti dan keju untuk memenuhi kebutuhan makanan kecil orang Belanda. Nah, saat ini, menu di Toko You sudah sangat beragam. Bahkan kalian dapat memesan jamu yang diracik sendiri oleh pengelolanya.

6. Ngopi Asyik di Warung Kopi Purnama


Ngopi Asyik di Warung Kopi Purnama

Jalan-jalan di Bandung, kalian wajib nongkrong di warung kopi tertua, yaitu Warung Kopi Purnama. Warung ini telah berdiri sejak 1930 dengan nama Chang Chong Seo, berarti "Silahkan Mencoba. Dulunya, warung kopi ini menjadi tempat berkumpulnya para pengusaha Tionghoa di kawasan Pecinaan Bandung.

Sebagai teman minum kopi, kalian dapat memesan berbagai menu seperti menu roti srikaya yang populer. Selai srikaya yang digunakan homemade dengan resep turun temurun. Selain itu, ada cireng, lontong sayur, bihun goreng, ayam penyet, gado-gado, nasi goreng dan masih banyak lagi.

Nah, Warung Kopi Purnama juga memiliki interior vintage yang Instagramable banget. Lantai pertama warung kopi ini masih memiliki kesan tua yang dipertahankan keasliannya. Namun beralih ke lantai dua, kalian dapat menemukan spot asyik dengan meja dan kursi warna-warni yang estetik.

7. Roti Gempol yang Melegenda


Roti Gempol yang Melegenda

Bandung terkenal dengan roti bakarnya. Nah, jangan tanggung-tanggung mencoba roti bakar di kota tersebut, kalian wajib berkunjung ke Roti Gempol yqang sudah melegenda. Toko yang didirikan sejak 1950-an ini bukan mulai pukul 07.00 WIB, lho.

Kedai Roti Gempol memang enggak terlalu besar. Kalian harus rela mengantri sambil berdiri, ya. Nah, dari namanya sendiri, kalian pasti tahu menu andalan mereka, kan? Roti bakar yang disajikan di Roti Gempol memiliki banyak varian isian, mulai dari yang manis seperti selai kacang dan meses hingga yang gurih seperti smoked beef, telur, keju dan lainnya.

Nah, buat yang lagi diet enggak perlu khawatir. Roti Gempol menawarkan dua pilihan roti, yaitu roti tawar dan roti tawar gandum. Ukurannya sangat besar, berbeda dengan roti biasanya lantaran dibuat sendiri. Kalian juga bisa menikmati menu lain seperti mie yamin, bakso, parata, donat dan berbagai jenis roti lainnya.

8. Kulineran di Rasa Bakery & Cafe


Kulineran di Rasa Bakery & Cafe

Selanjutnya adalah Rasa Bakery & Cafe. Kafe ini sangat dipengaruhi oleh Belanda. Sesuai dengan namanya, lokasi ini menjual berbagai roti dan kue serta es krim homemade yang rasanya tetap otentik dan dijaga keasliannya. Rasa Bakery & Cafe selalu menjadi lokasi yang diburu oleh wisatawan.

Untuk menu es krimnya, kalian dapat memilih beberapa menu yang terkenal, yakni frambozen, cokelat, banana split, rhum raisin serta es krim dengan wadah batok kelapa atau nanas. Selain itu, kafe ini menyediakan es krim kemasan plastik untuk varian cone, cup maupun slice. Tak hanya makanan ringan, kalian dapat menemukan pula makanan khas Eropa seperti kue soes, bitterballen, lasagna dan masih banyak lagi.

Buat kalian yang ada di Semarang, simak kafe "jadul" yang asyik banget di Kota Lama di sini. Selain itu, simak kuliner malam yang menggoda di Surabaya di sini.

You can share this post!

Related Posts