Penuh Air Mata, Momen Haru Ruben Onsu Jalani Prosesi Adat Bersama Betrand Peto
Instagram/ruben_onsu
Selebriti

Acara adat penyerahan hak asuh Betrand Peto menjadi anak angkat Ruben Onsu berlangsung haru. Ruben membagikan beberapa potret prosesi adat tersebut, yuk intip...

WowKeren - Ruben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto telah menjalani prosesi adat Manggarai Nusa Tenggara Timur. Seperti diketahui, prosesi adat itu dilakukan untuk menyerahkan hak asuh Betrand menjadi putra angkat Ruben dan Sarwendah.

Lewat akun Instagram miliknya pada Minggu (6/10), Ruben membagikan beberapa potret mengharukan momen tersebut. Berawal dari kedatangan Ruben dan Sarwendah di rumah Betrand.

Betrand yang tampak menemani pun menjelaskan jika ia dulunya tinggal di rumah tersebut. Bertemu dengan keluarganya, Betrand tentu tidak kuasa menahan tangis. Terlebih saat ia bertemu dengan sang ibu kandung, Karolina. Usai bertemu, keluarga Peto bertemu dengan Betrand di sebuah ruangan.

Menariknya, ada pula prosesi mengikat roh yang dilakukan oleh ayah Betrand. Prosesi ini sebagai simbol bahwa roh Betrand selalu ada untuk keluarga Peto dan ia tetap menjadi anak papa dan mamanya.

Usai melakukan ritual tersebut, Betrand memakai kain dari kedua orangtuanya. Ia lantas digendong untuk diserahkan kepada keluarga Ruben.


Ruben dan Sarwendah juga mendapatkan kain dari opa dan oma Betrand. Mereka bersyukur karena Ruben mengangkat Betrand sebagai anak.

Tidak lupa Betrand mengajak kedua orangtua angkatnya untuk ke sekolahnya, SMPN 1 Ruteng Cancar. Kedatangan Ruben disambut antusias. Mereka memberikan tuak curu sebagai tanda ucapan selamat datang.

Sementara itu, meski sedih, Karolina tidak merasa keberatan. Ia merasakan kasih sayang dan ketulusan hati Ruben dan Sarwendah.

"Kalau saya secara pribadi ada sedikit perasaan sedih," ungkap Karolina dalam tayangan YouTube MOP Channel belum lama ini. "Saya pribadi tidak merasa keberatan karena saya melihat bahwa rasa sayang rasa cinta dari mas Ruben sama mbak Sarwendah ini besar sekali sama Betrand."

Tidak lupa, Karolina memberikan pesan khusus untuk Ruben dan Sarwendah. "Jadi saya cuma berpesan ini sebagai ibu semoga saja mbak Sarwendah mas Ruben bisa mendidik Betrand seperti orangtua kandung dan didiklah Betrand sesuai dengan iman, sesuai dengan agamanya Betrand," tandas Karolina.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait