Hanum Rais Sempat Nyinyiri Wiranto, Dosen UGM: Jujur Saya Malu Punya Anggota Dewan Seperti Beliau
Nasional

Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Bagas Pudjilaksono Widyakanigara, mendukung pelaporan Hanum Rais ke polisi terkait cuitannya soal kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto.

WowKeren - Putri politikus Amien Rais, yakni Hanum Rais, menimbulkan kontroversi terkait cuitannya soal kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto. Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Hanum menuding bahwa penyerangan terhadap Wiranto hanya sebuah rekayasa.

Akibatnya, Hanum dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Jumat (11/10) lalu. Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Bagas Pudjilaksono Widyakanigara, lantas mendukung pelaporan Hanum ke polisi tersebut.

"Dukungan saya bukan karena kebencian saya pada Bu Hanum Rais, tapi lebih pada upaya pembuktian kebenaran ucapan Bu Hanum Rais," terang Bagas dilansir Antara pada Senin (14/10). "Tempat yang tepat untuk itu hanya di pengadilan."

Selain untuk membuktikan ucapan Hanum, Bagas juga mendukung pelaporan ini lantaran dinilai penting sebagai pembelajaran. Pengajar di Fakultas Teknik UGM tersebut juga menyinggung soal ucapan Amien Rais.

"Saya sangat setuju dengan ucapan Pak Amien Rais bahwa hukum di Indonesia ini tidak boleh tebang pilih harus adil," jelas Bagas. "Siapapun itu, jika melakukan pelanggaran hukum, harus diproses hukum. Ini saatnya kita buktikan harapan besar pak Amien Rais."


Selain itu, Bagas juga mengaku malu memiliki wakil rakyat seperti Hanum. Diketahui, Hanum baru saja dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jujur, saya sebagai dosen UGM dan warga Jogja amat malu mempunyai anggota dewan seperti Bu Hanum Rais," tutur Bagas. Meski mengakui bahwa apa yang diucapkan Hanum di media sosial adalah bentuk kebebasan berbicara, Bagas menilai kebebasan tersebut tidak didasarkan pada fakta kebenaran.

"Apa yang disampaikan Bu Hanum Rais di medsos soal musibah yang menimpa Pak Wiranto, menurut saya adalah fitnah keji," jelas Bagas. "Karena tidak berdasar atas fakta kebenaran dan sangat berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat."

Bagas menilai bahwa Hanum seharusnya berpijak pada politik negara sebagai anggota DPRD DIY. Bagas sendiri mengaku sangat menghormati Amien Rais.

"Bagaimana bisa seorang anggota dewan yang terhormat yang sudah disumpah setia pada NKRI dan Pancasila tega berperilaku politik ganjil jauh dari nilai-nilai luhur agama, etika dan moral?" pungkas Bagas. "Dan juga menjaga marwah keluarga besar Amien Rais. Saya sangat menghormati Pak Amien Rais."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait