Pelantikan Presiden Molor 1 Jam, Dahnil Anzar Beri Kritikan Pedas
Twitter/Dahnilanzar
Nasional
Pelantikan Presiden 2019

Pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin diketahui mundur hingga satu jam dari jadwal yang telah ditentukan. Peristiwa ini pun tak luput dari kritikan banyak pihak, apalagi karena sejumlah perwakilan negara asing turut diundang.

WowKeren - Hari ini, Minggu (20/10) menjadi saat yang bersejarah bagi Republik Indonesia. Pasalnya sosok pemimpin baru untuk Bumi Pertiwi untuk lima tahun ke depan telah resmi dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sehingga mulai hari ini Indonesia telah memiliki Presiden dan Wakil Presiden baru, yakni Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Hari ini sekaligus menandai masuknya periode kedua pemerintahan bagi Jokowi.


Sayangnya periode kedua pemerintahan Jokowi justru diawali dengan kurang baik. Pasalnya pelantikan Jokowi-Ma'ruf diketahui mengalami keterlambatan. Tak tanggung-tanggung, acara molor selama satu jam. Bila sedianya agenda digelar pukul 14.30 WIB, pelantikan justru baru dimulai pukul 15.30 WIB.

Tak ayal situasi ini pun membuat geram sejumlah pihak. Kritikan pun tak segan mereka lontarkan, salah satunya dari Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Disiplin waktu adalah identitas bangsa. Apalagi di acara kenegaraan," tulisnya lewat Twitter-nya, @Dahnilanzar. "MPR agaknya perlu memperhatikan hal ini, apalagi di depan tamu-tamu dari negara lain."

Pelantikan Molor 1 Jam, Dahnil Anzar Beri Kritikan Pedas

Twitter

Cuitan ini pun langsung diramaikan warganet lain. Dilansir dari kolom komentar, banyak yang ikut melayangkan kritik atas keterlambatan ini.

"Negara lain sudah sangat hafal, Indonesia tidak punya disiplin..," tulis @Ade*********n25. "Kan jam karet sudah jadi identitas bangsa," imbuh @De******ce.

Namun tak sedikit pula yang membela penyelenggara acara. Mereka berkilah jam pelantikan yang bertepatan dengan waktu ibadah.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara terkait alasan keterlambatan acara. Namun muncul dugaan bahwa acara sengaja diundur demi menyediakan waktu ibadah serta karena ada beberapa tamu penting yang terpantau hadir terlambat.

Di sisi lain, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin telah dilantik sekitar pukul 16.10 WIB. Usai dibaca sumpah jabatannya dan penandatanganan berita acara, maka Jokowi-Ma'ruf Amin pun resmi memulai masa jabatan mereka sebagai kepala negara Indonesia.

You can share this post!

Related Posts
Loading...