Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Resmi Dilantik Usai Disumpah di Senayan
Kemensetneg RI
Nasional
Pelantikan Presiden 2019

Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin resmi diambil sumpah jabatannya pada Minggu (20/10) di Gedung Parlemen, Senayan. Hal ini sekaligus mengawali masa jabatan keduanya dalam memimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan.

WowKeren - Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 digelar pada hari ini, Minggu (20/10). Semestinya digelar pukul 14.30 WIB, agenda ini dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dilansir dari siaran langsung di Medcom ID, agenda dalam pelantikan hari ini meliputi sambutan dari Ketua MPR Bamsoet. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pengambilan sumpah Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin sebagai kepala negara Indonesia periode 2019-2024.


Saat ini pelantikan terpantau telah dimulai. Meskipun acara diadakan terlambat lebih dari satu jam jadwal yang ditentukan, pelantikan tetap berjalan dengan khidmat. Pelantikan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dan "Mengheningkan Cipta".

Pasca Bamsoet membuka sidang dan membacakan putusan KPU terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi dan Ma'ruf pun diambil sumpahnya sesuai dengan agama yang dianut. Diambil dalam suasana khidmat, berikut isi sumpah Jokowi-Ma'ruf.

"Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," demikian kutipan sumpah Jokowi, Minggu (20/10). "Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

Presiden Jokowi dan Wapres Ma\'ruf Amin Resmi Dilantik Usai Disumpah di Senayan

Medcom ID

"Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," imbuh Ma'ruf Amin. "Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

Presiden Jokowi dan Wapres Ma\'ruf Amin Resmi Dilantik Usai Disumpah di Senayan

Medcom ID

Dengan demikian, Indonesia telah resmi memiliki Presiden dan Wapres baru untuk lima tahun ke depan. Pelantikan hari ini sekaligus mengawali masa jabatan Jokowi dan Ma'ruf sebagai kepala negara.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto bersyukur Jokowi kembali terpilih. Walau dicibir tak memihak rakyat, Wiranto justru menilai Jokowi sudah bekerja keras.

"Yang pasti saya bersyukur Pak Jokowi dipilih kembali. Karena selama mengawal Bapak Presiden, bukan tidak dibandingkan tapi benar-benar mendengarkan suara rakyat, harapan rakyat, keinginan rakyat. Buktinya apa? Buktinya setiap minggu itu Ratas. Itu tidak bisa dihitung," kata Wiranto. "Artinya apa? Beliau sangat respons terhadap keinginan publik. Dan langsung diselesaikan dalam satu sidang kabinet. Saya rasa, sesuatu yang sangat baik."

Sementara itu, Ketua MPR Bamsoet berharap kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf akan bisa melanjutkan dan menyempurnakan kepemimpinan sebelumnya. "Tantangan ke depan adalah ekonomi, perang dagang, dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kami harap pertumbuhan ekonomi dapat mencapai target dan harapan, bisa di atas lima persen," kata Bamsoet.

You can share this post!

Related Posts
Loading...