Ini Kata Politisi NasDem Soal Sindiran Jokowi Ke Surya Paloh Dan Sohibul
Nasional
Wacana NasDem Oposisi

Jokowi baru-baru ini menyinggung soal pertemuan Surya Paloh dan Sohibul Imam beberapa waktu lalu. Para politisi partai NasDem pun angkat bicara mengenai maksud dari ucapan Jokowi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menyinggung mengenai pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Imam. Momen tersebut berlangsung saat pembukaan peringatan HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan pada Rabu (6/11) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berkelakar soal pelukan Surya Paloh kepada Sohibul Imam. Menurut Jokowi, dirinya tidak pernah dirangkul seerat itu oleh Surya Paloh.

"Saya tidak tahu maknanya apa," ujar Jokowi. "Tetapi rangkulannya itu tidak seperti biasanya. Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman."

Menanggapi hal tersebut, para politisi Partai NasDem pun angkat bicara. Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan bahwa tidak ada yang ditutup-tutupi dari Presiden Jokowi terkait pertemuan Surya Paloh dan Sobihul Iman.

Bahkan menurut Willy, dialog yang dilakukan Surya ke jajaran elite PKS justru berdampak pada politik kenegaraan Presiden Jokowi. Hal ini karena pertemuan tersebut dapat memperbaiki komunikasi dengan partai oposisi pemerintahan.


"Kan membantu politik kenegaraan Pak Jokowi," kata Willy yang dilansir Kompas pada Kamis (7/11). "Artinya komunikasi menjadi lebih baik, kemudian komunikasi menjadi humble."

Willy mengatakan bahwa kelakar itu bukan sebuah peringatan agar NasDem tak terlalu dekat dengan partai oposisi. "Kalau kita bisa berkelakar dengan orang, itu artinya hubungannya bukan suatu hubungan yang standar dan formalitas. Itu sudah ekspresi dari hubungan emosional abang adik adek yang luar biasa," katanya.

Senada dengan Willy, Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago pun mengatakan bahwa kelakar Jokowi itu hanya sekadar candaan. Menurutnya, wajar bila Jokowi bercanda dengan Surya Paloh karena keduanya sudah seperti adik dan kakak.

"Pak Jokowi itu kan sudah seperti adik kakak dengan Pak Surya Paloh. Biasa Pak Jokowi bercanda dengan Pak Surya Paloh juga," kata Irma pada Kamis (7/11). "Pak Jokowi itu bilang kalau Pak Surya Paloh itu abang saya yang paling saya cintai. Pokoknya Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh sudah biasa bercanda."

Sebelumnya, pertemuan Surya Paloh dan Sohibul Imam terjadi pada 30 Oktober lalu. Hasil pertemuan tersebut yakni kedua partai sepakat untuk memperkuat check and balance di DPR. Keduanya juga sepakat menjaga kedaulatan NKRI dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. NasDem dan PKS juga sepakat mewariskan sejarah kerja sama para pendiri bangsa, yakni antara kelompok nasionalis yang memuliakan nilai-nilai agama dan kelompok Islam yang memegang teguh nilai-nilai kebangsaan.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts