Gubernur Viktor Tolak Wisatawan Miskin Usai NTT Jadi Wisata Premium
Nasional

Menurutnya NTT adalah salah satu destinasi wisata premium dengan bentang alam yang kaya dan indah. Sehingga hanya wisatawan mancanegara berdompet tebal lah yang berhak datang.

WowKeren - Indonesia memiliki beragam destinasi wisata, mengingat kekayaan alam Tanah Air yang memang luar biasa indah. Salah satu yang paling dikenal di mata internasional adalah Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Tak hanya menjual pemandangan indah yang mungkin tidak ditemui di tempat lain, Pulau Komodo juga menyediakan fauna asli Indonesia yakni komodo.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu mungkin menjadi salah satu sosok yang paling bangga atas destinasi wisata di wilayahnya. Ia pun bertekad untuk terus mengembangkan NTT sebagai destinasi wisata, termasuk menjadikannya sebagai tujuan kelas premium.

Disampaikan kala memberikan sambutan di Festival Menipo di halaman Lippo Plaza Kota Kupang, NTT, Viktor menyebut wisata wilayahnya memang dirancang untuk menjadi destinasi kelas premium. Oleh karena itu, ia berharap agar wisatawan asing yang berkantong tebal saja lah yang sebaiknya berkunjung ke NTT.

Awalnya Viktor mengutip ulasan destinasi wisata terbaik untuk 2020, sebagaimana ditulis oleh situs perjalanan Lonely Planet. Diketahui NTT menjadi salah satu destinasi wisata yang tercantum di situ.

Penobatan itu, lanjut Viktor, menunjukkan bahwa NTT memiliki atraksi keindahan alam dan budaya yang memikat perhatian wisatawan asing dari berbagai negara. Oleh karena itulah, Viktor menilai wisatawan tak berduit sebaiknya tidak menyambangi NTT. Bahkan pandangannya ini telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.


"Karena itu, wisatawan yang datang itu harus kaya," tegas Viktor. "Kalau yang miskin tidak boleh datang."

"Saya sampaikan ke presiden, kalau wisatawan yang miskin, kami di NTT paling banyak begitu (miskin)," imbuhnya, berseloroh menyinggung masyarakat NTT yang sebagian masih belum sejahtera. "Jadi kalau wisatawan miskin yang datang, kami sudah tidak mau lihat lagi."

Viktor pun menyebut wisatawan tak berduit sebaiknya dialihkan ke kawasan lain. "Wisatawan yang miskin tolong dikirim ke Jakarta, Bali, atau Manado. Kalau wisatawan asing yang kaya, kirim saja ke NTT saja," katanya.

Lebih lanjut, wisata NTT merupakan premium atau deluxe tourism. Karena itulah alam NTT yang indah, sebagai daya tarik utama wisata, harus dijaga dengan baik dan benar.

"NTT yang kecil dan indah ini, sedang kita bangun secara bersama-sama dengan menyatukan cara pandang," pungkasnya. "Sehingga kita akan melihat masa depan NTT menjadi lebih baik lagi."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait