Inilah Kementerian Yang Bakal Boyong Ke Ibu Kota Baru Pertama Kali
Nasional

Ibu Kota negara Indonesia akan segera berpindah ke Kalimantan Timur mulai tahun 2024 nanti. Inilah kementerian yang kabarnya akan pindah pertama kali ke ibu kota baru.

WowKeren - Ibu kota Indonesia sudah resmi akan dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Rencananya, pemindahan ibu kota tersebut akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

Menyusul berpindahnya ibu kota, maka beberapa kantor pemerintah pusat pun tentunya akan turut berpindah. Salah satu kementerian yang pertama kali akan menginjakkan kakinya ke tanah ibu kota baru ternyata adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam Forum A1 di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (14/11). 2024 yang harus pindah pertama adalah PUPR. Nikmat ini pak," ujar Menteri Basuki.

Basuki mengatakan jika 'tidak dipaksa' maka tidak akan terjadi. Sementara itu, perpindahan pertama Kementerian PUPR ke ibu kota baru di Kalimantan Timur juga menjadi motor bagi kementerian lain untuk segera bergegas pindah. "Dengan kerja beliau supaya terlihat optimisme kita serius pindah ibu kita 2024 harus mulai ada pemindahan pertama, harus pindah Kementerian PUPR," katanya.


Basuki juga mengatakan jika dalam lima tahun ke depan pembangunan infrastruktur masih akan terus digenjot. Salah satunya yaitu pembangunan 2.500 kilometer (km) jalan tol di berbagai daerah. "Lima tahun ke depan 2.500 km kita akan bangun terus karena Trans Sumatera tol harus nyambung," katanya.

Oleh karena itu, menyusul berpindahnya ibu kota, Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama di kementerian pusat pun juga akan dipindahkan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri mengatakan bahwa 180 PNS akan dipindahkan ke ibu kota baru secara bertahap.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo sendiri memiliki impian agar ibu kota negara Indonesia yang baru menjadi yang terbaik di dunia. Bahkan, presiden yang sudah terpilih selama dua periode itu mengatakan jika ibu negara yang baru merupakan hadiah dari Indonesia untuk dunia.

"Ibu kota negara baru ini adalah hadiahnya Indonesia untuk dunia. Mimpi yang memang harus tinggi," ujar Jokowi pada Rabu (6/11). "Misalnya Dubai the happiest city on the earth, ibu kota negara baru the best on earth, the cleanest city, the most innovative city dan the most-the most lainnya."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru