Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi, Mahfud MD: Kalau Perlu Uang Saya Bantu Rp110 Juta
Nasional
Kepulangan Habib Rizieq

Heboh isu pencekalan Rizieq Shihab oleh Arab Saudi sehingga tidak bisa pulang ke Indonesia, Menko Polhukam Mahfud MD menawarkan bantuan berupa uang pribadi.

WowKeren - Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq telah menunjukkan pada publik terkait surat pencekalan dirinya. Surat pencekalan tersebut baru-baru ini diketahui berasal dari Pemerintah Arab Saudi.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pun mengaku hingga kini dirinya belum mengetahui secara pasti alasan Pemerintah Arab Saudi melarang Rizieq Shihab untuk keluar dari negara tersebut. Pemerintah Indonesia pun juga belum mengetahui secara pasti mengapa Rizieq tidak dapat pulang ke negara asalnya.

Menurut Mahfud, kemungkinan ada dua alasan yang membuat Rizieq dilarang keluar dari Arab Saudi. Alasan pertama bisa karena denda overstay dan alasan kedua dapat karena waktu izin tinggal yang telah habis.

"Kenapa dia (Habib Rizieq Shihab) dicekal," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis (14/11). "Kita (pemerintah) enggak tahu juga."


Mahfud mengaku jika dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Idham Aziz, Kepala BIN Budi Gunawan, dan juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mencari kejelasan soal masalah Rizieq. Dalam koordinasi tersebut juga diketahui jika Pemerintah Indonesia sama sekali tidak mengeluarkan surat pencekalan.

"Saya sudah tanya semua sini, Menkum HAM, Polri, BIN, menteri luar negeri ndak pernah mengeluarkan surat (cekal) gitu," kata Mahfud MD. "Terus surat di sana memang tidak menyebut alasan karena diminta oleh pemerintah Indonesia. Karena alasan keamanan."

Sebelumnya Rizieq telah membuat video yang menuding jika Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap dirinya ke Pemerintah Arab Saudi. Hal ini dinilai Rizieq menjadi alasan dirinya tidak dapat kembali ke Indonesia.

Mahfud lantas mengaku dirinya siap memberikan bantuan uang secara pribadi ke Rizieq Shihab. Bantuan uang ini akan diberikan jika benar alasan pencekalan yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi untuk Rizieq adalah karena denda overstay.

"Kan dia (Rizieq) nantang kalau cuma uang dia punya kan," ujar Mahfud. "Dia (Rizieq) Ndak perlu uang. Kalau perlu uang, saya pribadi bantu kalau cuma Rp 110 juta."

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts