Bayam Salah Satu Sayur Yang Berbahaya Jika Dihangatkan Berkali-kali
Kuliner

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa tidak semua bahan makanan aman untuk dihangatkan dan dikonsumsi kembali karena alasan kesehatan. Bukannya bergizi, bisa-bisa makanan yang akan kamu lahap justru berbahaya bagi tubuh.

WowKeren - Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan bayam akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Jika ternyata masih sisa dan masih bisa dikonsumsi, sebaiknya jangan dipanaskan dan dikonsumsi kembali.

Sayur mengandung nitrat dengan konsentrasi tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufic.Org (The European Food International Council), semakin tinggi nitrat pada bayam, maka semakin tinggi pula bahayanya. Nitrat tersebut dapat diubah menjadi nitrit, lalu ke nitrosamin yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini terjadi, bila bayam dipanaskan, disimpan lebih dari lima jam, dan kemudian dipanaskan lagi. Kondisi asam juga mendukung pembentukan nitrosamin dan nitrit yang berbahaya.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel