8 Bahan Makanan Ini Enggak Boleh Dihangatkan, Bisa Sebabkan Keracunan Hingga Kanker Loh!
Kuliner

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa tidak semua bahan makanan aman untuk dihangatkan dan dikonsumsi kembali karena alasan kesehatan. Bukannya bergizi, bisa-bisa makanan yang akan kamu lahap justru berbahaya bagi tubuh.

WowKeren - Menyimpan sisa makanan untuk dimakan kembali memang bukan hal yang aneh lagi. Hal ini kerap dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin praktis, hemat, dan tidak mau membuang-buang makanan. Beberapa makanan akan dihangatkan atau dimasak kembali agar terasa nikmat.

Hal ini enggak salah sama sekali dan justru dapat membantu mengontrol limbah makanan. Namun perlu diketahui bahwa enggak semua makanan boleh dihangatkan. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa tidak semua bahan makanan aman untuk dihangatkan dan dikonsumsi kembali karena alasan kesehatan.


Bukannya bergizi, bisa-bisa makanan yang akan kamu lahap justru berbahaya bagi tubuh, dari mulai menyebabkan sakit perut hingga racun karsinogen yang bisa memicu sel kanker. Oleh karena itu, simak 8 bahan makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali yang sudah tim WowKeren rangkum berikut!

1. Bayam Salah Satu Sayur Yang Berbahaya Jika Dihangatkan Berkali-kali


Bayam Salah Satu Sayur Yang Berbahaya Jika Dihangatkan Berkali-kali

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan bayam akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Jika ternyata masih sisa dan masih bisa dikonsumsi, sebaiknya jangan dipanaskan dan dikonsumsi kembali.

Sayur mengandung nitrat dengan konsentrasi tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufic.Org (The European Food International Council), semakin tinggi nitrat pada bayam, maka semakin tinggi pula bahayanya. Nitrat tersebut dapat diubah menjadi nitrit, lalu ke nitrosamin yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini terjadi, bila bayam dipanaskan, disimpan lebih dari lima jam, dan kemudian dipanaskan lagi. Kondisi asam juga mendukung pembentukan nitrosamin dan nitrit yang berbahaya.

2. Daging Ayam Ternyata Juga Enggak Baik Dipanaskan Kembali


Daging Ayam Ternyata Juga Enggak Baik Dipanaskan Kembali

Ayam termasuk bahan pangan yang paling banyak dikonsumsi dan dihangatkan kembali. Namun komposisi protein di dalam ayam akan menghilang atau menyebabkan masalah pencernaan jika dipanaskan kembali loh. Meski begitu, kalian tetap boleh memanaskan ulang daging ayam dengan cara yang tepat.

Ayam boleh dipanaskan namun harus dipastikan panas hingga ke dalam, jangan hanya dipanaskan luarnya saja. Gunakan api kecil dalam waktu singkat, angkat sekiranya ayam sudah cukup hangat. Atau salah satu tips untuk menghangatkan sisa ayam adalah dengan menggunakan microwave dan pastikan agar ayam tersebut bisa panas sampai ke bagian tulangnya sebelum dimakan.

3. Kentang Yang Dipanaskan Berulang Kali Ternyata Bisa Mengandung Bakteri Berbahaya


Kentang Yang Dipanaskan Berulang Kali Ternyata Bisa Mengandung Bakteri Berbahaya

Kentang mengandung karbohidrat yang dapat menyalurkan tenaga pada tubuh. Ternyata kentang masuk dalam kategori makanan yang tak boleh dipanaskan ulang. Menurut ahli kesehatan, jika kentang dipanaskan berulang-ulang maka akan menyebabkan timbulnya bakteri langka yang dapat menyerang kesehatan tubuh.

Bila kentang yang sudah dimasak dihangatkan lagi lalu dibiarkan mendingin sebelum disantap, hal itu akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri bernama C. botulinum yang umum ditemukan pada kentang. Jika kamu menyantap kentang yang sudah tercemar bakteri itu, kamu bisa mengidap penyakit botulism yang gejalanya adalah tubuh terasa lemah, pandangan kabur, dan sulit bicara.

4. Jamur Yang Dipanaskan Kembali Bisa Berbahaya Bagi pencernaan


Jamur Yang Dipanaskan Kembali Bisa Berbahaya Bagi pencernaan

Jamur memang menjadi santapan paling lezat jika pengolahannya tepat. Namun makanan satu ini bisa menjadi makanan yang sangat berbahaya bagi tubuh jika dipanaskan berulang-ulang, karena akan mengubah komposisi protein di dalamnya yang bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Selain itu jamur juga kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam amino dan anti oksidan. Sebaiknya jangan memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur. Kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan dan kamu juga kehilangan manfaat gizinya.

5. Nasi Yang Dipanaskan Kembali Dapat Mengandung Bakteri Berbahaya


Nasi Yang Dipanaskan Kembali Dapat Mengandung Bakteri Berbahaya

Nasi merupakan makanan wajib sehari-hari, karena kandungan karbohidrat dan kalorinya menjadikan sumber energi utama. Namun, ketika kamu memanaskan kembali nasi yang sisa, maka akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu nasi tersebut mendingin kembali, spora tersebut akan berkembang biak.

Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit terutama pencernaan. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan diare dan muntah-muntah.

6. Waspadai Seledri Yang Dipanaskan Kembali Bisa Memicu Kanker


Waspadai Seledri Yang Dipanaskan Kembali Bisa Memicu Kanker

Biasanya kita menjumpai seledri dalam sup, seledri ini dapat memperkuat aroma dan rasa makanan. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seledri bisa menjadi racun jika dipanaskan ulang. Hal ini dikarenakan seledri seperti bayam, mengandung nitrat yang cukup tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufic.Org (The European Food International Council), kandungan nitrat dalam seledri akan berubah menjadi nitrit. Lebih berbahayanya lagi, nitrit ini bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker jika kalian konsumsi secara terus menerus.

7. Hentikan Memanaskan Telur Atau Kalian Akan Diserang Sejumlah Zat Berbahaya


Hentikan Memanaskan Telur Atau Kalian Akan Diserang Sejumlah Zat Berbahaya

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Selain memiliki kandungan yang sehat seperti vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan juga B12, telur juga menjadi bahan makanan yang cukup mudah diolah dalam waktu singkat. Namun jika telur dipanaskan ulang, itu tidak lah dianjurkan.

Pasalnya ketika telur dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, meskipun hanya bertujuan untuk menghangatkan, hal ini dapat menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur khususnya bagian kuning telurnya, yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

8. Makanan Bersantan Juga Enggak Dianjurkan Dipanaskan Kembali


Makanan Bersantan Juga Enggak Dianjurkan Dipanaskan Kembali

Makanan bersantan memang menggugah selera. Namun tahu kah kalian bahwa memanaskan ulang masakan bersantan enggak dianjurkan. Hal ini karena bisa mengubah kandungan lemaknya.

Apabila dipanaskan kembali, lemak baik yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol di tubuh kamu. Kolestrol dapat meningkatkan resiko penyakit jantung yang mematikan loh.

Selain itu intip juga beberapa makanan yang disebut superfood karena bergizi tinggi di sini. Simak juga beberapa cara untuk cegah penyakit jantung di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...