Enak Dan Sehat, 8 Bahan Makanan Ini Diklaim Sebagai Superfood Karena Kaya Nutrisi
Health

Superfood adalah kelompok makanan yang kebanyakan termasuk sumber makanan nabati, namun juga ikan-ikanan dan produk susu. Makanan ini dianggap memiliki kekayaan nutrisi begitu padat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

WowKeren - Di jaman yang sudah maju, kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat makin meningkat. Banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat, istilah superfood pun kini sudah mulai ramai dibicarakan. Namun tahukah kalian tentang superfood tersebut?

Superfood adalah kelompok makanan yang kebanyakan termasuk sumber makanan nabati, namun juga ikan-ikanan dan produk susu. Makanan ini dianggap memiliki kekayaan nutrisi begitu padat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.


Namun demikian, tidak ada set kriteria maupun daftar yang disetujui dari sejumlah makanan tertentu untuk menentukan apa yang tergolong superfood dan bukan. Cara terbaik untuk makan sehat adalah memasukkan sejumlah superfood ke dalam menu makan sehari-hari kalian.

Sangat mudah untuk menambahkan pilihan makanan kaya nutrisi dan tentunya enak di lidah yang tidak hanya menciptakan sebuah menu masakan yang menggoda nafsu makan, namun juga akan membawa manfaat kesehatan jangka panjang. Nutrisi dalam makanan bekerja berkesinambungan bersama-sama untuk menyehatkan tubuh.

Penasaran apa saja bahan makanan yang diklaim jadi superfood ini? Berikut tim WowKeren rangkum 8 bahan makanan kaya nutrisi yang diklaim jadi superfood. Yuk disimak!

1. Ubi Ungu Yang Nikmat Juga Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh


Ubi Ungu Yang Nikmat Juga Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Meski terkesan lokal, namun ubi ungu ini memiliki sejumlah manfaat loh. Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin C di dalamnya tidak mudah rusak karena panas, sebab vitaminnya terlindung oleh pati. Sementara zat tepung dalam ubi ungu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen.

Ubi ungu juga mengandung mangan, tembaga, asam pantotenat, vitamin B6, potasium, serat pangan, niacin, vitamin B1, vitamin B dan fosfor. Antosianin yang terdapat pada kulit ubi ungu juga baik untuk menurunkan kadar gula darah pasien diabetes.

2. Oatmeal Yang Cocok Untuk Sumber Serat


Oatmeal Yang Cocok Untuk Sumber Serat

Bukan rahasia lagi jika oatmeal menjadi bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Oatmeal menjadi salah satu superfood karena memiliki kandungan serat larut air dalam jumlah yang cukup besar, yaitu 3 gram dalam satu sajian. Hal ini akan mendukung berkurangnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Oatmeal juga cukup mudah dan cocok diolah dalam berbagai sajian. Namun pastikan kalian tidak menambahkan berbagai pemanis atau bahan tambahan kemasan saat mengkonsumsi oatmeal. Hal tersebut bisa membuat kandungan nutrisinya berkurang.

3. Almond Merupakan Salah Satu Jenis Kacang Yang Super Sehat


Almond Merupakan Salah Satu Jenis Kacang Yang Super Sehat

Dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang super sehat. Salah satu jenis kacang yang memiliki rasa yang enak ini juga diketahui mengandung banyak nutrisi yang dapat menekan kolesterol, menstabilkan tekanan darah, serta mengontrol tingkat gula darah.

Dalam 1 porsi saji kacang almond, setara 6-8 sendok makan kacang almond, kalian dapat memenuhi 37% kebutuhan vitamin E harian orang dewasa. Selain itu, kacang almond juga banyak mengandung kalsium, serat, asam folat dan antioksidan jenis flavonoid.

4. Daun Kale Yang Diberi Julukan Ratunya Sayuran


Daun Kale Yang Diberi Julukan Ratunya Sayuran

Kale adalah jenis sayuran yang berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi. Seperti saudara-saudara yang lainnya, kale mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh loh.

Satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat yang membantu proses pencernaan. Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat dan vitamin B yang penting untuk perkembangan otak, asam alpha-linolenic dan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, lutein, zeaxantin, fosfor, kalium, kalsium, dan seng.

5. Alpukat Si Sumber Lemak Nabati Dengan Kalori Rendah


Alpukat Si Sumber Lemak Nabati Dengan Kalori Rendah

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, alpukat memiliki kandungan kalori yang rendah dengan nutrisi yang melimpah. Itulah sebabnya mengapa alpukat banyak dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Alpukat masuk ke dalam deretan superfood karena kekayaan vitamin di dalamnya, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, karotenoid, folat, serat, zat besi, serta magnesium. Selain itu alpukat juga kaya akan lemak rantai pendek (monsaturated fat) yang baik untuk kesehatan jantung.

6. Chia Seed Yang Cocok Untuk Mengurangi Berat Badan


Chia Seed Yang Cocok Untuk Mengurangi Berat Badan

Chia seed mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral. Dalam 1 porsi chia seed (sekitar 30g) terkandung 138 kalori, 9 gram lemak (sebagian besar berupa lemak tidak jenuh – lemak sehat), 10 gram serat, dan 6 gram protein.

Kelebihan chia seed lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan. Kandungan serat dan asam lemak omega 3 dalam chia seed sangat tinggi. Beberapa penelitian mengklaim bahwa konsumsi chia seed juga bermanfaat untuk menahan rasa lapar, menyeimbangkan gula darah, memperbaiki kondisi jantung, menurunkan kolesterol, trigislerida, tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

7. Kedelai Hitam Si Bahan Dasar Kecap Yang Kaya Akan Nutrisi


Kedelai Hitam Si Bahan Dasar Kecap Yang Kaya Akan Nutrisi

Kedelai hitam yang dikenal sebagai bahan baku pembuatan kecap ini awalnya berasal dari Tiongkok, kemudian dikembangkan di berbagai negara di Amerika Latin, dan negara-negara Asia. Kedelai hitam memiliki sumber protein yang lengkap dan sama bermanfaatnya dengan protein hewani karena banyaknya asam amino esensial yang terkandung di dalamnya.

Kedelai hitam merupakan salah satu sumber terkaya untuk asam lemak omega-3 berbasis sayuran, dikemas juga dengan vitamin dan mineral temasuk vitamin A, zat besi, magnesium dan seng. Bahan isoflavon pada lapisan benihnya juga telah diuji untuk berbagai macam manfaat termasuk pengobatan kanker, metabolisme lemak dan penurunan berat badan, anti inflamasi, antimikroba dan pembekuan darah loh.

8. Tak Hanya Buahnya, Kulit Manggis Juga Dikenal Kaya Manfaat


Tak Hanya Buahnya, Kulit Manggis Juga Dikenal Kaya Manfaat

Banyak orang tentu mengenal berbagai suplemen yang dibuat dari kulit buah manggis, hal ini bukan omong kosong belaka. Khasiat buah manggis berasal dari senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis, yaitu alpha dan gamma.

Xanthone ini merupakan obat yang efektif untuk memerangi berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental. Kandungan ini terdapat dalam daging buah dan kulit buah. Manggis ternyata mengandung antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau. Selain itu kandungan vitamin C dalam manggis juga cukup tinggi. Tak heran kalau buah yang satu ini menjadi salah satu komoditi ekspor andalan Indonesia loh.

Intip juga beberapa masker alpukat yang bisa mengatasi masalah kecantikan berikut. Selain itu simak juga beberapa makanan yang bisa menaikkan mood kalian di sini.

You can share this post!

Related Posts