SEA Games di Filipina 'Kacau', Presiden Duterte: Kami Tak Boleh Kehilangan Muka
Getty Images/Pool
Dunia

Sejumlah persoalan muncul seiring dengan pelaksanaan SEA Games 2019 di Filipina. Pihak penyelenggara mendapat banyak komplain terkait makanan, infrastruktur penunjang, hingga transportasi.

WowKeren - Gelaran pertandingan olahraga di tingkat Asia Tenggara, yakni SEA Games, tahun ini digelar di Filipina. Namun sayangnya, penyelenggaraan SEA Games 2019 ini justru menimbulkan sejumlah persoalan.

Sejumlah persoalan yang dimaksud di antaranya adalah makanan, infrastruktur penunjang, hingga transportasi. Sebelumnya, foto venue penyelenggaraan SEA Games 2019 yang tampak kurang layak viral di media sosial.

Meski demikian, Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah mewanti-wanti agar pelaksanaan SEA Games 2019 tersebut berjalan sukses. "Kami tidak boleh gagal, kami tidak boleh kehilangan muka," ujar Duterte kepada Senator Christopher Go dilansir Inquirer pada Kamis (28/11).

Menurut Go, dirinya mengadakan pertemuan dengan sang Presiden untuk membahas persoalan-persoalan dalam SEA Games 2019. Duterte sendiri mengakui bahwa pihaknya hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mempersiapkan ajang olahraga dua tahunan itu.

"Presiden berkata, lanjut saja bekerja, baru kita bicara apa saja yang akan menjadi komplain," terang Go. "Dengan waktu mepet, kami tak boleh gagal, kami adalah tuan rumah, kami tak boleh dipermalukan."


Selain itu, Go juga sempat membahas tentang adanya dugaan korupsi di SEA Games 2019. Go sendiri kini menjabat sebagai Ketua Komite Senat Olahraga Filipina.

"Untuk sekarang, kami sedang memantau dan melihat apakah ada penyimpangan," ungkap Go. "Bila ada korupsi, kami akan melihat hal tersebut dan mengumpulkan laporan."

Di sisi lain, Duterte sendiri telah memberikan instruksi untuk menginvestigasi dugaan korupsi dan inkompetensi yang terjadi di SEA Games 2019. Menurut juru bicara kepresidenan Salvador Panelo, Duterte tidak senang dengan penyelenggaraan SEA Games ke-30 di Filipina ini. Pasalnya, Duterte mendengar bahwa pihak penyelenggara SEA Games 2019 menerima banyak komplain.

Salah satu komplain tersebut datang dari timnas Thailand U-23 yang terpaksa membatalkan sesi latihan mereka karena parahnya kemacetan di Filipina. Tak hanya itu, makanan dan minuman yang diberikan bagi para atlet pun dinilai tidak layak. Bahkan ada perwakilan negara yang harus membeli makan sendiri demi bisa memenuhi kebutuhan para atletnya.

Sebelumnya, pelaksanaan SEA Games 2019 yang dianggap "kacau" ini telah ramai diperbincangkan di media sosial. Warganet bahkan sempat menggaungkan tagar #SEAGamesfail

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait