Perpanjangan Izin Masih Bermasalah, Warganet Adu Tagar #RakyatTolakKerasFPI VS #RakyatBersamaFPI
Nasional

Polemik perpanjangan izin ormas Front Pembela Islam (FPI) yang tak kunjung usai menuai reaksi pro-kontra. Warganet pun terbagi dalam 2 kubu dan sama-sama menggaungkan tagar di Twitter.

WowKeren - Polemik perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI) belakangan ini kembali menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan telah menyerahkan surat rekomendasi perpanjangan izin ormas FPI ke Kementerian Dalam Negeri.

Sebelumnya, proses perpanjangan izin FPI ini sempat mandek lantaran Kementerian Agama belum memberikan rekomendasinya. Masa berlaku Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI sendiri telah habis sejak 20 Juni 2019 lalu.

Meski telah mendapat rekomendasi dari Kemenag, perpanjangan izin FPI ini masih terhalang proses di Kemendagri. Mendagri Tito Karnavian menyebutkan bahwa masih ada beberapa poin dalam AD/ART FPI yang membuat izin ormas itu tak serta merta diperpanjang.

Sementara itu, isu perpanjangan izin FPI ini menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Ada sebagian yang mendukung perpanjangan izin FPI, ada pula yang menentangnya.

Warganet bahkan terbagi dalam dua kubu dalam tagar #RakyatTolakKerasFPI dan #RakyatBersamaFPI. Kedua tagar ini menempati posisi 2 teratas trending topic Indonesia pada Jumat (29/11).


Trending Topic

Twitter

Dalam tagar #RakyatTolakKerasFPI, warganet meminta agar izin ormas tersebut tidak diperpanjang. Mereka meminta agar pemerintah melihat kembali rekam jejak FPI sebelum mengabulkan perpanjangan izinn mereka.

"Pak @jokowi Pak @mohmahfudmd. Tlg diliat tekam jejak FPI selama ini, sebelum pemerintah memutuskan langkah apa yg di ambil terhadap izin FPI,kami sgt berharap pemerintah liat rekam jejak FPI, #RakyatTolakKerasFPI," tulis akun @MT***an. "Tim hukum FPI membenarkan pernyataan Rizieq Shihab yg menyebutkan Presiden Jokowi adalah ilegal & Pemerintahan Jokowi ilegal. Ormas sdh terang2an menganggap pemerintah ilegal kok msh eksis di NKRI.? Terlalu bodoh klo ijin diperpanjang.! @Kemenag_RI #RakyatTolakKerasFPI," komentar akun @Ri***no.

Berbanding terbalik, tagar #RakyatBersamaFPI berisi warganet yang ingin agar ormas tersebut bisa kembali berizin dengan legal. Warganet di kubu #RakyatBersamaFPI mengungkapkan sejumlah jasa yang telah dilakukan FPI untuk Indonesia selama ini.

"Kiprah FPI di berbagai wilayah bencana itu terlalu nyata untuk ditutupi oleh kaum pendengki. #RakyatBersamaFPI," komentar akun @ba***ng. "FPI udeh turun buat evakuasi gempa. Sedangkan makhluk2 yg demen ngehina FPI dan ngotot minta FPI dibubarkan, masih sibuk sama dirinye sendiri. Mereka ngebacot pengen bubarin FPI, tapi peduli ama sesama aje kagak! Sampah!#RakyatBersamaFPI," timpal akun @Du***et.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru