Alasan Ustadz Abdul Somad Pilih Cerai Terkuak, Gagal Didik Istri Hingga Pisah Sejak 2016
Instagram/ustadzabdulsomad_official
Selebriti
Ustaz Abdul Somad Cerai

Pengacara Ustadz Abdul Somad, Hasan Basri, mengungkap kalau kliennya telah berusaha mempertahankan rumah tangga yang sudah bermasalah mulai 2016 hingga melakukan berbagai cara sebelum akhirnya memilih bercerai.

WowKeren - Perceraian Ustadz Abdul Somad dengan sang istri, Mellya Juniarti, sudah disahkan Pengadilan Agama Bangkinang, Riau, sejak 3 Desember lalu. Sempat menggugat diam-diam pada Juli 2019, alasan UAS sejauh ini belum terkuak.

Meski begitu, pengacara UAS, Hasan Basri, sempat mengungkap kalau keretakan rumah tangga kliennya dengan Mellya sudah terjadi sejak 4 tahun lalu. Sempat dikira menikah 11 tahun, UAS tercatat baru menjalani pernikahan selama 7 tahun sejak 20 Oktober 2012. Namun memasuki 2016, UAS dan Mellya sepakat berpisah.


"Bahwa permasalahan rumah tangga UAS sudah lama terjadi, hampir 4 tahun yang lalu, jauh sebelum UAS sebagai pendakwah yang populer dan viral di media sosial," demikian ungkap Hasan via akun Instagram @sahabatuasofficial. "Berbagai usaha telah dilakukan oleh UAS untuk mempertahankan rumah tangganya."

Hasan menyebut kalau UAS sudah berusaha mempertahankan pernikahan dengan Mellya. Ia melakukan berbagai cara agar pernikahan tak berakhir dengan perceraian.

"Terutama sebagai kepala rumah tangga dalam mendidik Mellya Juniarti, namun tetap tidak berhasil dan tidak berubah," seru Hasan. "UAS telah melakukan tahapan-tahapan sesuai ajaran syariat Islam. Nasihat, pisah ranjang, musyawarah dan konsultasi keluarga. Talak satu dan talak dua yang berakhir tahap berpisah tempat tinggal pada bulan Mei 2016 sampai saat sekarang ini."

Demi menghindari fitnah dan mengantisipasi dampak negatif, UAS memutuskan untuk bercerai. Namun baik selama berpisah hingga bercerai, UAS tetap melaksanakan tanggung jawab memberikan nafkah buat Mellya dan anak mereka, Mizyan Haziq Abdillah.

"UAS walaupun sudah berpisah lebih kurang sejak 4 tahun yang lalu namun tetap bertanggung jawab memberikan nafkah bulanan dan fasilitas untuk Bu Mellya Juniarti terkhusus ananda tercinta Mizyan Haziq Abdillah," kata Hasan. "UAS juga selalu menyediakan waktu secara khusus dalam kesibukan dakwahnya untuk tetap bersama menemani, bermain, jalan-jalan, layaknya orangtua yang selalu menyayangi dan mendidik anaknya."

Soal sidang cerai, Hasan mengungkap kalau prosesnya dilakukan via video call karena UAS berada di Sudan untuk menempuh pendidikan S3. "Iya benar, persidangan dilakukan secara elektronik," seru Hasan.

Hasan meminta agar masyarakat menghormati kehidupan UAS. "Bahwa di saat keharmonisan rumah tangga terjadi dan tanpa solusi perceraian bukan langkah mundur. Mungkin bisa terjadi pada siapa pun dan manusiawi. UAS sangat menyadari bahwa Allah SWT berkuasa atas semua takdir manusia dan Allah SWT akan menguji hamba-Nya sesuai kapasitasnya masing-masing. Hidup bukanlah siapa yang terbaik, tetapi seberapa banyak kebaikan yang bisa kita lakukan. Apa pun cobaan yang menimpa harus kita hadapi dengan sikap positif. Semoga dapat dimaklumi," seru Hasan.

Video klarifikasi ini menuai beragam respon dari netizen. "Semoga ustadz Abdul Somad selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan diberi kesehatan serta kesabaran. Aamiin," seru netter. "Dengan pemahaman ilmu yang UAS miliki rasanya tak perlu dipertanyakan tentang tanggung jawab beliau sebagai suami, bercerai mungkin keputusan terbaik yang telah diambil," tutur netter.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts