BTS Cetak Sejarah Jadi Tur Konser Grup Terlaris Tahun 2019 Menurut Billboard, Kalahkan Metallica
Musik

Menjelang akhir tahun 2019, salah satu boy grup besutan Big Hit Entertainment yakni BTS membuat sejarah sebagai pemegang predikat tur konser grup terlaris di tahun 2019.

WowKeren - Menjelang akhir tahun 2019, Bangtan Boys (BTS) telah membuat sejarah sebagai pemegang predikat tur konser grup terlaris di tahun 2019. Menurut laporan akhir tahun Billboard, BTS meraup 196,4 juta dolar (sekitar Rp 2,7 miliar) selama tahun ini.

BTS sukses meraup untung miliaran dengan mengumpulkan total lebih dari 1,6 juta penonton untuk 42 pertunjukan di 2019 saja. Angka-angka itu menempatkan BTS dengan aman di bagian atas daftar tur konser grup terlaris tahun ini, melampaui kelompok veteran seperti The Rolling Stones, Metallica, Backstreet Boys, dan KISS.

BTS juga merupakan tur terlaris ketiga secara keseluruhan (solo dan grup). Grup besutan Big Hit Entertainment itu berada di urutan kedua setelah Ed Sheeran dan Pink. Mereka sebelumnya juga membuat sejarah Billboard Boxscore dengan peringkat akhir tahun tertinggi yang pernah dicapai dalam daftar Top 40 Tours dengan tindakan yang terutama dilakukan dalam bahasa non-Inggris.

Grup ini juga mengklaim 7 dari 25 tempat teratas dalam daftar Boxscores akhir tahun Billboard untuk tahun 2019. Peringkat tertinggi BTS pada Top 25 Boxscores List adalah posisi ke-6, untuk tur "Love Yourself: Speak Yourself" di Rose Bowl di Pasadena , California pada 4 dan 5 Mei. Konser tersebut sukses meraup total 16,6 juta dolar (sekitar Rp 224 juta).


BTS juga mengambil posisi ke-10 untuk pertunjukan mereka di Bangkok pada 6 dan 7 April, ke-12 untuk New Jersey pada 18 dan 19 Mei, posisi ke-13 untuk Paris pada 7 dan 8 Juni. Secara berurutan, BTS juga menempati posisi ke-14 untuk London pada 1 dan 2 Juni, posisi ke-16 untuk Chicago pada 11 dan 12 Mei dan posisi ke-25 untuk Seoul pada 26, 27 dan 29 Oktober.

Tur konser "Speak Yourself" ini dibuka untuk pertama kali pada 4 Mei lalu di Pasadena, Los Angeles. Tur ini diadakan di banyak benua seperti Amerika, Eropa bahkan Asia dan resmi ditutup dengan penampilan encore di Seoul selama 3 hari pada Oktober lalu.

Menurut laporan, penjualan tiket BTS menghasilkan hampir 117 juta Dolar Amerika (setara dengan Rp 1,6 triliun). Billboard mengumumkan bahwa tur dunia BTS menjual 976.283 tiket, dengan rata-rata 48.814 tiket per pertunjukan. Mereka menghasilkan rata-rata 5,8 juta Dolar Amerika (sekitar Rp 81 miliar) per pertunjukan hanya dalam tiket.

Billboard memperkirakan bahwa dengan tambahan penjualan pop-up store tur dunia, barang-barang resmi dijual di stadion konser, dan keuntungan pemirsa siaran langsung online mereka, total penjualan tur akan melebihi 172 juta Dolar Amerika (sekitar Rp 2,4 triliun).

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts