Adegan LGBT 'Star Wars: The Rise of Skywalker' Dihapus di Singapura
Film

Disney dilaporkan telah menghapus adegan LGBT tersebut di penayangan di Singapura. Hal itu dilakukan demi mendapatkan izin rating yang lebih rendah.

WowKeren - "Star Wars: The Rise of Skywalker" menjadi film terakhir Disney yang dirilis pada tahun 2019 ini. Film yang akan menjadi penutup saga "Star Wars" tersebut pun tak ayal mendapatkan atensi berlebih dari para penggemar.

Sayangnya, terlepas dari antusiasme penggemar, rupanya tak sedikit yang melayangkan protes usai menyaksikan "Star Wars: The Rise of Skywalker". Pasalnya film ini tak cuma jadi penutup perjalanan saga "Star Wars", namun juga menampilkan bumbu romansa LGBT. Adegan ini ditampilkan melalui dua karakter wanita pejuang Resistance yang berbagi ciuman.

Namun rupanya Disney menghapus adegan ciuman sesama jenis ini di penayangan di Singapura. Hal itu dilakukan demi mendapatkan izin rating yang lebih rendah. Infocomm Media Development Authority (IMDA) atau Otoritas Pengembangan Media Info-komunikasi Singapura mengonfirmasi keputusan tersebut.

"Pemohon telah menghilangkan adegan pendek yang menurut pedoman klasifikasi film akan membutuhkan rating (usia) yang lebih tinggi," ujar perwakilan IMDA, dilansir dari Digital Spy.


Sayangnya sampai saat ini belum diketahui apakah Disney mengambil tindakan serupa di negara-negara lain. Namun untuk pemutaran di Tanah Air sendiri, adegan tersebut lolos dari pantauan LSF hingga membuat sebagian penggemar melontarkan protes.

Di sisi lain, sebenarnya sutradara J.J. Abrams sendiri sudah sempat memberikan indikasi kalau "Star Wars: The Rise of Skywalker" akan memberikan sesuatu yang berbeda, yakni sebagai representasi LGBT. Menurut sang sutradara, penting baginya untuk membuat para penonton merasa terwakili lewat film ini, termasuk para komunitas LGBT.

"Bagiku, penting untuk membuat seluruh orang yang menonton film ini merasa terwakili dalam ceritanya, termasuk LGBTQ," tutur sang sutradara, dilansir Variety pada Jumat (20/12).

Terlepas dari kritik ini, "Star Wars: The Rise of Skywalker" sendiri mengambil setting waktu satu tahun setelah "Star Wars: the Last Jedi". Proyek ini dipastikan menjadi momen terakhir Luke Skywalker, karakter yang dimainkan oleh Mark Hamill.

Beberapa pemeran lama juga kembali hadir dalam film ini. Mulai Daisy Ridley (Rey), Adam Driver (Kylo Ren), John Boyega (Finn), hingga Oscar Isaac (Poe Dameron). "Star Wars: The Rise of Skywalker" menjadi akhir dari cerita panjang franchise "Star Wars" yang sudah dibuat sejak tahun 1977 silam.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel