Kompaknya Anies Baswedan dan Jokowi Soal Evakuasi Banjir DKI Jakarta
Nasional

Terkait banjir yang melanda DKI Jakarta kali ini, baik Gubernur Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya evakuasi serta penyelamatan warga terdampak.

WowKeren - Banjir besar tengah menerjang DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di sekitarnya. Tak main-main, banjirnya bahkan sampai membuat air merendam setinggi atap.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berjanji akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian yang ada. Gubernur Anies Baswedan pun berkenan membagikan langkah yang akan diambil pihaknya terhadap banjir yang ada.

Rupanya menurut Anies, pihaknya belum mau memikirkan antisipasi maupun pencegahan banjir di masa depan. Sebagai gantinya, Anies menyebut pihaknya akan fokus pada evakuasi warga terdampak.

Menurut Anies, keselamatan warga merupakan prioritas Pemprov DKI Jakarta. Hal ini dilakukan seiring pemantauan terhadap debit banjir.


"Jadi kami saat ini konsentrasi pada evakuasi penyelamatan warga. Dan ini yang kami pastikan berjalan dengan baik," ujar Anies ketika melakukan inspeksi di Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (2/1). "Fase ini kami pastikan dulu warga itu keselamatan terjamin. Kita lihat konsentrasinya pada warganya sambil kita melihat proses surutnya air."

Target pemulihan wilayah terdampak banjir, jelas Anies, akan disesuaikan dengan lamanya proses surut air laut. "Kemudian air sebagian kalau yang jalan-jalan, ada sungai, bisa dipompa. Sebagian prosesnya perlu waktu," imbuh Anies, dikutip dari CNN Indonesia.

Pernyataan Anies ini senada dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo terkait banjir. Jokowi menyebut keselamatan warga merupakan hal utama yang harus diperhatikan selama proses evakuasi warga terdampak.

"Pertama, urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (1/1). "BNPB, pemerintah provinsi, SAR, semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir."

Di sisi lain, Anies pun mengimbau agar warga merapat ke posko bantuan yang telah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. "Silakan lihat di Facebook, Instagram, kemudian website dari Pemprov DKI. Di situ ada alamat-alamat posko kami. Di seluruh wilayah yang ada banjirnya itu ada posko Pemprov DKI," pungkas Anies.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru