Anji Putuskan 'Pamit' dari YouTube, Curhat Kecewa Konten Inspiratif Tak Diapresiasi
Instagram/duniamanji
Selebriti

Anji membuat pengumuman cukup mengejutkan lewat video berdurasi sekitar 6 menitan berisi curhatan selama berkarya di YouTube dengan menghadirkan konten terbaiknya.

WowKeren - Anji mengakhiri tahun 2019 dengan memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan di YouTube. Musisi berkepala plontos itu mengumumkan bahwa dirinya akan "pamit" dari YouTube yang sudah ditekuninya sejak Februari 2014 lalu. Pengumuman ini disampaikan dalam sebuah video berdurasi sekitar 6 menitan.

Dalam video yang diunggah pada 31 Desember 2019 itu, Anji mencurahkan isi hatinya tentang YouTube yang dianggap berubah belakangan ini. Pelantun "Dia" itu mengatakan bahwa penonton banyak menuntut. Ia juga merasa kecewa karena konten-konten inspiratif justru kurang dihargai.

"Tapi sayangnya lama-kelamaan YouTube berubah, platform ini semakin ramai yang pastinya menguntungkan YouTube juga. Yang juga adsense juga bertambah, tapi berubah," ujar Anji. "Penontonnya banyak sekali menuntut."

Anji kemudian mencontohkan penonton YouTube-nya yang banyak menuntut konten Sidak yang memang menjadi ciri khas sang musisi. Tapi tuntutan itu kadang bertentangan dengan keinginan Anji yang berharap bisa menghadirkan konten lain. Ia berusaha untuk memberikan variasi dalam kanal YouTube miliknya.


"Seperti misalnya konten Sidak saya. Saya tahu Sidak itu bagus, banyak yang suka tapi kan saya juga pengen bikin konten-konten lain," lanjutnya. "Kayak kemarin saya bikin konten Hari Disabilitas Internasionl. Sebuah konten yang menurut saya sangat menginspirasi tentang teman-teman buta, teman-teman tuli dan lainnya yang memiliki prestasi. Tapi yang nonton cuma 9000 dan komentar-komentarnya itu, 'Bang Sidak mana bang, Sidak mana'."

"Buat saya itu cukup mengecewakan sih. Maksudnya, saya pasti akan bikin Sidak atau konten yang kamu suka tapi saya juga butuh variasi," jelas Anji. "Karena saya juga memberikan edukasi dan inspirasi kepada masyarakat Indonesia melalui channel YouTube saya. Kalau hiburan saja, di dunia nyata saya sudah sering melakukannya. Tahun 2019, 120 panggung saya jalani dan saya menghibur puluhan ribu, ratusan ribu orang di Indonesia."

Berbagai hal ini membuat Anji sempat berpikir untuk berhenti menjalankan YouTube sejak beberapa waktu lalu. Namun kemudian ia bertemu dengan banyak orang yang ternyata sangat terhibur dan menunggu unggahan video-video Anji di YouTube. Terlebih orang-orang terdekat, termasuk sang istri juga tak setuju dengan niat Anji untuk mundur dari YouTube.

Alhasil kini Anji hanya memutuskan untuk "pamit" sementara dari YouTube di awal tahun 2020. Jebolan ajang "Indonesian Idol" itu mengaku tak akan mengunggah video apapun selama Januari 2020 dan akan kembali lagi bulan depan. Ia menjanjikan konten yang menarik berupa proyek terbarunya bersama tim yang akan diunggah mulai bulan Februari 2020.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru